fbpx
Ditemukan Banyak Titik Api

Ditemukan Banyak Titik Api

Taliwang, KOBAR – Kebakaran karena kekeringan atau mungkin terjadi pembakaran lahan dengan sengaja yang terjadi saat ini, sehingga terlihat cukup banyak titik api. Hal itu bisa dibuktikan dengan membumbung tinggi asap pada kawasan hutan maupun perkebunan masyarakat.

Beberapa titik api juga terlihat dalam kota Taliwang, baik itu di bukit Sebubuk maupun bukit Pakirum. Informasi yang dihimpun media ini, titik api itu lebih banyak disebabkan karena kekeringan, dimana ranting dan daun mengering, sehingga mudah terbakar, tetapi tidak sedikitnya juga kebakaran yang terjadi akibat kesengajaan.

Bumbungan asap lebih banyak terlihat di Kecamatan Jereweh, sehingga media ini mencoba melakukan investigasi dan pemantauan langsung. Di lokasi itu terlihat kebakaran lebih disebabkan karena kesengajaan, karena titik api lebih banyak di luar kawasan hutan atau di perkebunan jati milik warga.

“Kami membakar rumput dan ilalang yang mengering, karena memang lahan tidak bisa dimanfaatkan saat ini,” ucap Abdurahman yang mengaku pemilik lahan tersebut.

Menurut Abdurahman, selama ini kita memang tidak pernah melakukan pembakaran, karena rumput yang tumbuh dapat menjadi konsumsi kambing yang dipelihara, sementara kondisi saat ini rumput tidak bisa tumbuh dan justru mengering, sehingga tidak bisa menjadi pakan ternak.

“Solusi yang kami ambil dengan cara membakarnya,” lanjut Abdurahman. (kimt)

Don`t copy text!