fbpx

KOBARKSB.com

News & Artikel Terkini

PDAM KSB Jaga Debit Air

Taliwang, KOBAR – Secara nasional telah ditetapkan bahwa Indonesia bagian timur akan mengalami kekeringan. Peringatan itu telah membuat Perusahaan Daerah Air Minum Kabupaten Sumbawa Barat (PDAM KSB) melakukan langkah antisipasi dengan cara menjaga stabilitas debit air.

“Informasi kekeringan cukup membuat kami harus lebih waspada, karena masyarakat selaku konsumen harus tetap terlayani kebutuhan air, sehingga berbagai cara telah dilakukan PDAM KSB,” tandas direktur PDAM KSB, Bambang ST, saat dikonfirmasi media ini kemarin.

Upaya yang giat dilakukan saat ini adalah menjaga debit air, dimana air yang berada di lokasi sumber PDAM di kecamatan Brang Rea tidak boleh terbuang percuma, sehingga harus dilakukan sirkulasi atas sumber air. Agar tetap dilakukan proses itu, sampai saat ini PDAM KSB telah menerapkan sistem jaga 24 jam di lokasi sumber air.

“Saya telah menempatkan personil di lokasi dan tidak boleh lengang selama 24 jam. Mereka harus memberikan laporan perkembangan di lokasi. Jika ada tanda akan terjadi kekurangan debit air, maka bisa ditindaklanjuti segera,” lanjut Bambang.

Masih keterangan Bambang, usaha yang dilakukan PDAM KSB akan percuma, jika masyarakat tidak ikut berpartisipasi untuk hemat penggunaan air, jadi diharapkan kesadaran kepada semua konsumen untuk menggunakan air seperlunya, karena hemat penggunaan air bukan hanya menyelamatkan debit air, tetapi juga hemat pengeluaran bagi konsumen itu sendiri. “Saya mengajak semua masyarakat untuk hemat penggunaan air, apalagi di musim kering seperti sekarang ini,” harap Bambang.

Langkah lain yang dilakukan perusahaan plat merah itu adalah, melakukan pemeriksaan terhadap jaringan air untuk memastikan bahwa tidak ada pipa yang bocor, karena kebocoran pipa bisa menyebabkan droping air yang cukup tinggi.

Bambang juga mengakui jika saat ini dirinya telah mempersiapkan pelayanan cepat dan 24 jam bagi konsumen yang merasa ada masalah. “Di kantor tetap ada petugas jaga untuk melayani masyarakat yang ada masalah, termasuk pelayanan pembayaran tagihan juga 24 jam,” bebernya. (kimt)

Don`t copy text!