fbpx
Waspada Angin Kencang dan Gelombang Tinggi Melanda NTB

Waspada Angin Kencang dan Gelombang Tinggi Melanda NTB

Mataram, KOBAR – Berdasarkan hasil pemantauan BMKG terhadap kondisi atmosfer di atas wilayah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), dilaporkan terdapat dampak dari adanya tropical storm “Conson” yang terjadi di Manila Filipina, dan tropical storm “CHANTHU” di perairan Filipina.

Waspada Angin Kencang dan Gelombang Tinggi Melanda NTB Data BMKG ZAM 1
Peta Tinggi dan Arah Gelombang Perairan NTB

“Perbedaan tekanan yang signifikan antara tekanan rendah di belahan bumi utara dan tekanan tinggi di belahan bumi selatan, yaitu, pada tropical storm di Filipina 998HPA, 1000HPA, dan tekanan tinggi 1037HPA di Australia, menyebabkan angin yang bertiup lebih kencang dari biasanya, dengan kecepatan maksimum bisa mencapai lebih dari 40 km per jam,” tutur Desi Megawati, prakirawan BMKG pada Stasiun Meteorologi ZAM, dalam siaran pers, Selasa, (7/9).

Akibat kondisi tersebut, jelasnya, maka akan terjadi peningkatan kecepatan angin yang perlu diwaspadai. Karena akan memicu gelombang tinggi di perairan NTB, yang dapat membahayakan kapal penumpang dan kapal nelayan, sehingga masyarakat diminta untuk berhati-hati.

Waspada Angin Kencang dan Gelombang Tinggi Melanda NTB Data BMKG ZAM 2
Prakiraan Angin

“Angin kencang yang terjadi di wilayah NTB masih akan berpotensi terjadi 2-3 hari ke depan. Sehingga masyarakat dan stakeholder perlu mewaspadai kondisi cuaca meningkatnya kecepatan angin, yang dapat menimbulkan kerugian terhadap berbagai aktivitas. Baik aktivitas penerbangan, penyeberangan, maupun aktivitas masyarakat secara umum. Kami menghimbau agar masyarakat mewaspadai terjadinya tumbangnya pohon, papan reklame, dan baliho,” demikian Desi Megawati. (klar)

Don`t copy text!