Mery Agustina dan Yasser Ramadhani Dinobatkan Sebagai Duta Pancasila Untuk NTB Oleh Presiden Jokowi di Istana Merdeka

Menu

Mode Gelap

INDONESIA · 19 Agu 2021

Mery Agustina dan Yasser Ramadhani Dinobatkan Sebagai Duta Pancasila Untuk NTB Oleh Presiden Jokowi di Istana Merdeka


Mery Agustina dan Yasser Ramadhani Dinobatkan Sebagai Duta Pancasila Untuk NTB Oleh Presiden Jokowi di Istana Merdeka Perbesar

Jakarta, KOBAR – Setelah sukses mengibarkan bendera merah putih pada peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia Ke-76 di Istana Merdeka, Jakarta, 17 Agustus 2021. Mery Agustina, Siswi SMAN 1 Brang Rea, Sumbawa Barat, dan Yasser Ramadhani, Siswa MAN 2 Kota Bima, yang merupakan Duta Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), untuk Paskibraka 2021, selanjutnya dinobatkan oleh Presiden Joko Widodo sebagai Duta Pancasila untuk NTB. 

“Kenapa Saudara-saudara semuanya dijadikan Duta Pancasila? Kita ingin Pancasila ini menjadi ideologi yang bekerja, sehingga harus kita bumikan dalam kehidupan kita sehari-hari. Bukan hanya slogan, bukan hanya hafalan. Seperti tadi disampaikan oleh Bu Mega. Nilai-nilai luhur yang terkandung di dalamnya harus menjadi panduan, harus menjadi inspirasi bagi seluruh anak bangsa dalam karya nyata di dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara,” kata Presiden Jokowi, saat memberikan pengarahan kepada para Purna Paskibraka tahun 2021, yang ditetapkan sebagai Duta Pancasila, di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu, (18/8).

Presiden Joko Widodo, Saat Memberikan Pengarahan Kepada Para Purna Paskibraka 2021, yang Ditetapkan Sebagai Duta Pancasila.

Pemilihan para Purna Paskibraka menjadi Duta Pancasila, lanjut Presiden, didasari pentingnya membumikan Pancasila dengan cara-cara baru dan pendekatan yang lebih kekinian, sehingga nilai-nilai Pancasila bisa tertanam di generasi muda. Oleh karena itu, ia mengapresiasi pemilihan para putra-putri terbaik bangsa ini sebagai Duta Pancasila.

“Ini sebuah langkah terobosan karena anggota Paskibraka merupakan putra-putri terbaik, putra-putri pilihan dari seluruh penjuru Tanah Air, dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote. Mendapatkan tugas yang tidak ringan, yaitu, memperkuat nilai-nilai Pancasila di kalangan anak-anak muda, dan yang paling penting juga menjaga agar Pancasila tetap kokoh, sebagai pemersatu bangsa,” pesan Presiden.

Sebagai sebuah negara yang besar, paparnya, Indonesia memiliki penduduk yang besar, suku yang beragam, hingga bentangan ribuan pulau yang memanjang dari Sabang sampai Merauke. Bangsa Indonesia juga memiliki adat, tradisi, hingga agama yang beragam. Menurut Presiden, semua perbedaan tersebut dapat disatukan oleh ideologi Pancasila.

“Nggak ada negara yang seberagam kita ini, nggak ada. Siapa yang bisa mempersatukan? Iya, ideologi kita,” tegasnya.

Para Purna Paskibraka 2021 Dilantik Sebagai Duta Pancasila Oleh Presiden Joko Widodo

Ia pun pada kesempatan ini, menaruh harapan besar terhadap para Purna Paskibraka yang telah ditetapkan sebagai Duta Pancasila. Karena menurutnya, semua para Purna Paskibraka memiliki talenta-talenta yang hebat di berbagai bidang. Dan hal tersebut merupakan kekuatan yang harus terus dirawat ke depannya.

“Saya harapkan Saudara-Saudara nanti bisa menjadi motivator bagi anak-anak muda yang lainnya, berbagi pengalaman, mendorong prestasi, membentuk kesadaran akan nilai-nilai, dan tergerak untuk merajut simpul-simpul persatuan. Menjadi pelopor perubahan dan kemajuan yang bermanfaat bagi nusa, bangsa, dan negara,” tandas Presiden Joko Widodo.

Sementara itu, Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Yudian Wahyudi, dalam laporannya, menyampaikan, bahwa jumlah peserta yang telah melaksanakan pembinaan ideologi Pancasila adalah 11.173 orang paskibraka dari 31 provinsi dan 225 kabupaten/kota. Program pembinaan bersama BPIP dalam tahapan pembentukan paskibraka telah dimulai sejak 5 April 2021.

Megawati Soekarnoputri, Presiden RI Ke-5, Sekaligus Ketua Dewan Pengarah BPIP, Saat Memberikan Pengarahan Kepada Para Purna Paskibraka 2021.

“Pembinaan ideologi Pancasila dilaksanakan mulai dari tahapan seleksi dan rekrutmen di tingkat kabupaten/kota melalui materi tes kepancasilaan,” beber Yudian.

Selanjutnya, kata Yudian, Purna Paskibraka Duta Pancasila ini akan mendapatkan pembinaan berkelanjutan dari BPIP dalam organisasi Duta Pancasila Paskibraka Indonesia (DPPI), yang dibentuk dari tingkat nasional hingga tingkat Kabupaten/Kota.

“Paskibraka sebelum tahun 2021 secara bertahap juga akan mengikuti pembinaan ideologi Pancasila. Dan yang telah memenuhi persyaratan akan ditetapkan menjadi Purna Paskibraka Duta Pancasila,” tutup Kepala BPIP.

Turut hadir dalam acara pengukuhan Duta Pancasila ini, yaitu; Presiden RI Ke-5, sekaligus Ketua Dewan Pengarah BPIP, Megawati Soekarnoputri, Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung. (knda)

About The Author

Trending di KOBARKSB.com

Artikel ini telah dibaca 10 kali

badge-check

Pewarta

Baca Lainnya

Proyek Jaringan Irigasi Jereweh – Tiu Suntuk Dimulai, KSB Siap Menuju Lumbung Pangan dan Kawasan Industri

27 Maret 2024 - 01:06

Proyek Jaringan Irigasi Jereweh - Tiu Suntuk Dimulai, KSB Siap Menuju Lumbung Pangan dan Kawasan Industri - Proyek Bendungan Tiu Suntuk Sumbawa Barat

AMMAN Terbukti Patuh Pajak, Sumbang Hampir Setengah Target Penerimaan Pajak di Sumbawa dan Sumbawa Barat

24 Maret 2024 - 05:38

AMMAN Terbukti Patuh Pajak, Sumbang Hampir Setengah Target Penerimaan Pajak di Sumbawa dan Sumbawa Barat - Tambang Batu Hijau Sumbawa Barat

Bendungan Tiu Suntuk Jadi Solusi Atasi Kekeringan di Jereweh

22 Maret 2024 - 16:32

Bendungan Tiu Suntuk Jadi Solusi Atasi Kekeringan di Jereweh - Bendungan Tiu Suntuk Sumbawa Barat

Menanti Pemimpin KSB Masa Depan

21 Maret 2024 - 02:57

Menanti Pemimpin KSB Masa Depan - Amar Nurmansyah - Sekda KSB

Sport Center KTC: Bukti Komitmen Pemerintah dalam Mewujudkan Masyarakat Sehat dan Berprestasi di Sumbawa Barat

10 Maret 2024 - 20:02

Sport Center KTC Bukti Komitmen Pemerintah dalam Mewujudkan Masyarakat Sehat dan Berprestasi di Sumbawa Barat - Lapangan Tenis Sumbawa Barat

Halangi Tugas Pers, PWI Ancam Lapor Komisioner KPU KSB Ke DKPP RI

29 Februari 2024 - 19:06

Halangi Tugas Pers, PWI Ancam Lapor Komisioner KPU KSB Ke DKPP RI - PWI Sumbawa Barat
Trending di BUZZ
Don`t copy text!