fbpx
Hanya Ada 1 Orang Dokter Hewan di Sumbawa Barat

Hanya Ada 1 Orang Dokter Hewan di Sumbawa Barat

Taliwang, KOBAR – Meski dengan jumlah populasi ternak yang meningkat setiap tahun. Namun Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) diketahui hanya memiliki 1 orang dokter hewan saja yang berpraktik resmi setiap hari.

“Iya, kita hanya memiliki 1 orang dokter hewan PNS. Dia kini bertugas di Puskeswan Kecamatan Taliwang. Sangat tidak ideal memang, tapi mau gimana lagi,” tutur Jamilatun SPt, Kepala Bidang Peternakan, Dinas Pertanian KSB, Selasa, (23/2).

Idealnya, kata Jamilatun, pada setiap kecamatan harus ada 1 orang dokter hewan. Dan pada setiap desa dan kelurahan mesti ada 1 orang paramedis kesehatan hewan.

“Sedangkan paramedis kesehatan hewan hanya ada 23 orang saja. Padahal KSB terdiri dari 57 Desa, 7 Kelurahan, dan 8 Kecamatan,” tukasnya.

Dokter Hewan KSB 1
Dokter Hewan satu-satunya di KSB (Perempuan), saat berpraktik di Puskeswan Taliwang.

Sehingga ketika terjadi wabah penyakit, lanjutnya, maka peran 1 orang dokter dan 23 orang paramedis ini betul-betul dimaksimalkan. Kemudian disiasati dengan melibatkan pegawai di masing-masing KCD Kecamatan seoptimal mungkin.

“Untuk pelayanan kesehatan hewan dan ternak sehari-hari di KSB. Setiap KCD yang ada, berkonsultasi dan berkomunikasi dengan seorang dokter hewan tersebut. Perannya sangat vital dan berarti,” jelasnya.

Aneka langkah, tambah Jamilatun, telah ditempuh pihaknya untuk menambah jumlah dokter hewan yang bertugas di KSB. Tapi hingga saat ini, belum berhasil.

“Pada tahun 2019 pernah ada 4 formasi dokter hewan dibuka dalam seleksi CPNS. Tapi semuanya gagal terisi. Semoga selanjutnya bisa dibuka lagi formasi tersebut,” tutup Kepala Bidang Peternakan, Dinas Pertanian KSB. (kdon)

Don`t copy text!