Pria Lebih Jago Berbohong Dibanding Wanita

Menu

Mode Gelap

SENI HIDUP · 21 Feb 2021

Pria Lebih Jago Berbohong Dibanding Wanita


Pria Lebih Jago Berbohong Dibanding Wanita Perbesar

“Jangan pernah percaya pada ucapan pria!”, begitu kata-kata yang kerap dilontarkan seorang wanita, jika curhat kepada temannya karena pasangannya berbohong padanya. Kok bisa! Dan khusus bagi kaum hawa, pria dianggap ahlinya ngibul dan “kebiasaan” ini dikenal luas. Setuju atau tidak! Tapi apa alasan pria jago berbohong?

Ikhsan Bella Persada MPsi, Psikolog dari KlikDokter, mengatakan, bahwa pria memang punya kecenderungan untuk berbicara agak melebih-lebihkan dari fakta aslinya, terutama jika sedang berhadapan dengan lawan jenis.

“Tujuannya adalah untuk membuat lawan jenis atau pasangan kagum dan tertarik dengan dirinya. Itu sangat biasa dilakukan oleh pria,” tutur Ikhsan.

Berbeda dengan wanita yang kerap berbohong soal perasaannya, katanya, pria lebih sering berbohong soal perilaku atau tindakan yang pernah dilakukannya. Hal itu dilakukan untuk menjaga perasaan orang-orang di sekitarnya dan memberi keuntungan bagi dirinya sendiri. Apalagi bila hal yang pernah dilakukannya bersifat negatif dan bisa menyakiti orang lain.

“Ketimbang menyakiti perasaan orang yang disayangi, lebih baik dia menutupinya. Lagi pula, makin banyak orang yang tahu, makin terpojok lah ia. Jadi, menutupi atau berbohong memang sering dilakukan pria untuk melindungi atau menguntungkan dirinya sendiri, membuat orang lain terkagum-kagum dan tertarik, serta tidak menyakiti perasaan orang sekitarnya,” jelasnya.

Bisa karena terbiasa. Inilah yang terjadi pada kebiasaan berbohong pria. Intinya, lanjutnya, semakin sering seseorang berbohong alias makin panjang “jam terbangnya”, maka makin mahir pula ia untuk merangkai kata dan merekayasa.

“Di awal, cerita tentang kebohongan yang dibuat terdengar rumit, sehingga banyak orang yang curiga ia sedang berbohong. Bahkan, bisa saja dia hampir ketahuan dan berhasil ngeles, atau telanjur ketahuan dan akhirnya mengaku salah,” katanya, sambil tersenyum.

Guru terbaik adalah pengalaman, katanya. Mereka bisa menjadikan pengalaman pribadinya sebagai dasar untuk membuat trik atau strategi baru agar tidak ketahuan. Mereka umumnya akan memulai dengan cerita yang lebih sederhana plus tanpa gestur yang mencurigakan. Sikapnya juga lebih tenang dan mulai berani menatap mata. Dia juga akan belajar mengatur waktu, menyediakan fasilitas lebih (misalnya punya smartphone atau nomor telepon lebih dari satu), dan bisa menyesuaikan kepribadian (tergantung kepada siapa dia berinteraksi).

“Kendati demikian, pada dasarnya tidak ada pria yang benar-benar jago jika lawan bicaranya adalah lawan yang “tangguh” alias tak mudah dibohongi. Mereka akan terlihat jago apabila lawan bicaranya adalah orang yang polos, jarang berbohong (sehingga tidak tahu apa ciri-ciri orang berbohong), dan tidak punya pengalaman pahit soal dibohongi,” terang Ikhsan.

Di sisi lain, tambahnya, wanita bukannya sama sekali tidak bisa atau tidak pernah berbohong. Mereka cenderung tidak tega untuk berbohong. Tahu sendiri kan, sebagian besar wanita lebih sering memakai perasaannya ketimbang logika.

“Jadi, untuk tingkat kemahiran, antara pria dan wanita sama saja. Hanya saja, frekuensi berbohong pada pria lebih sering ketimbang wanita,” ujarnya.

Sebenarnya, kata Ikhsan, jika pria yang dihadapi sudah “ahli”, memang agak sulit untuk membedakan apakah yang keluar dari mulutnya itu fakta atau dusta. Namun, setidaknya dengan memperhatikan hal-hal berikut, terangnya, kita bisa terhindar dari pembohong tingkat “amatir” dan “menengah”.

1. Perhatikan gerakan tubuhnya. Seseorang yang tengah berbohong biasanya cenderung membungkukkan tubuhnya selama berbicara dengan anda. Hal tersebut dilakukan karena secara tidak sadar orang yang berbohong akan berusaha melindungi dirinya.

2. Pembohong akan melakukan banyak gestur atau gerakan tubuh yang tidak perlu dilakukan untuk menutupi kebohongannya. Namun, tak jarang orang yang berbohong justru terlihat terlalu tenang selama percakapan. Hal itu biasanya dilakukan untuk mengelabui dan membuat anda yakin atas apa yang disampaikannya.

3. Ucapannya tidak konsisten. Mereka akan mengeluarkan kalimat-kalimat dan ucapan yang tidak konsisten. Selain itu, mereka cenderung menghindari kontak mata dengan lawan bicaranya. Menghindari kontak mata (sesuatu yang bersifat pribadi dan intim) adalah salah satu tanda nonverbal pertama dari orang yang berbohong.

4. Perhatikan respons pria. Jika tidak terlalu yakin dengan apa yang disampaikan oleh lawan bicara, anda bisa mengujinya dengan sikap mempertanyakan apa yang ia sampaikan. Kemudian lihat bagaimana ia bereaksi.

5. Pria yang berbohong biasanya akan dengan cepat menjawab rasa tidak percaya anda dan memiliki sejumlah alasan untuk berkelit. Namun, jika ia berkata jujur, biasanya ia akan merasa tersinggung jika anda meragukan ucapannya.

“Itu dia beberapa alasan mengapa pria sering berbohong, sekaligus cara agar kita tak termakan dustanya. Jangan buru-buru langsung menjauhinya, selidiki dulu penyebab pria sering bohong. Apabila ada penyebabnya berkaitan dengan depresi atau tanda gangguan kesehatan mental lainnya, sebaiknya ajak ia untuk berkonsultasi dengan ahli kejiwaan profesional untuk membantunya,” demikian  Ikhsan Bella Persada MPsi. ***

About The Author

Trending di KOBARKSB.com

  • 33
    10 Penyakit Keturunan yang Harus DiwaspadaiKESEHATAN KELUARGA Oleh: dr. Muhammad Iqbal Ramadhan Penyakit tidak melulu terjadi akibat faktor dari luar. Kondisi tersebut juga bisa disebabkan oleh faktor dari dalam, alias kondisi genetik yang berasal dari kedua orang tua. Selain sifat fisik, seperti warna kulit, bentuk tubuh, jenis rambut, dan lain-lain, orang tua juga dapat menurunkan…
  • 31
    Waspadai Gejala Berdebar yang BerbahayaKESEHATAN KELUARGA Oleh: dr. Jefry Pinondang Sianipar (Dokter Internsip di RSUD Asy-Syifa’ KSB) Fibrilasi Atrium (FA) merupakan gangguan irama jantung yang paling banyak dijumpai, dimana kondisi jantung menyebabkan denyut jantung menjadi tidak teratur. Pada tahun 2010, perkiraan jumlah laki-laki dan perempuan menderita FA mencapai 20,9 juta dan 12,6 juta orang…
  • 31
    9 Manfaat Seruput Kopi di Pagi HariKopi kaya akan antioksidan dan berbagai nutrisi lain yang bermanfaat baik tubuh, seperti riboflavin, asam pantotenat, mangan, kalium, natrium, magnesium dan niacin. Berbagai penelitian membuktikan manfaat seruput kopi di pagi hari. Diantaranya: 1. Ampuh membakar lemak Kafein yang terkandung dalam kopi berkhasiat untuk membakar lemak yang ada dalam tubuh. Kafein…
  • 30
    Sariawan Bisa Jadi Salah Satu Gejala Covid-19Sariawan kerap dianggap menjadi salah satu masalah kesehatan sepele yang tak membutuhkan perhatian khusus. Karena dalam waktu beberapa hari, bintil putih menyakitkan di rongga mulut ini biasanya akan sembuh sendiri tanpa pengobatan khusus. Akan tetapi, mungkin di saat pandemi virus corona saat ini, tidak tepat rasanya kalau kita mengabaikan sariawan…
Artikel ini telah dibaca 16 kali

badge-check

Pewarta

Baca Lainnya

Mau Tampil Cantik? Inilah Cushion Terbaik yang Direkomendasi Beauty Vlogger

26 April 2023 - 20:47

Mau Tampil Cantik Inilah Cushion Terbaik yang Direkomendasi Beauty Vlogger - Make Over Cushion

Tips & Trik Cara Menyetrika Kerudung Anti Meleyot

8 Maret 2023 - 16:42

Tips & Trik Cara Menyetrika Kerudung Anti Meleyot - Wanita Berhijab

Sering Menyakiti Orang Lain, Tanda Gangguan Psikologis?

11 Februari 2023 - 20:53

Sering Menyakiti Orang Lain, Tanda Gangguan Psikologis - Memiliki Empati yang Rendah

Mensyukuri Hidup Tanda Mental Sehat

26 November 2022 - 08:54

Mensyukuri Hidup Tanda Mental Sehat - Keluarga Bahagia

Habbatussauda Mujarab Buat Kesuburan Pria dan Wanita

16 November 2022 - 21:10

Habbatussauda Mujarab Buat Kesuburan Pria dan Wanita - Obat Kuat Pria

Hula Hoop Baik Untuk Kesehatan Tubuh

14 Oktober 2022 - 13:10

Hula Hoop Baik Untuk Kesehatan Tubuh - Hula Hoop di Pantai
Trending di SENI HIDUP
Don`t copy text!