fbpx

KOBARKSB.com

News & Artikel Terkini

Banyak PNS Pensiun, BKN Segera Buka Rekrutmen Baru

Jakarta, KOBAR – Banyaknya Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang pensiun pada tahun 2019 dan 2020, membuat Pemerintah melalui Badan Kepegawaian Negara (BKN) bersegera untuk membuka lowongan CPNS baru tahun depan. Apalagi, mengingat tahun ini tidak ada rekrutmen CPNS, karena pandemi Covid-19.

Adapun jumlah formasi yang akan dibuka pada seleksi CPNS tahun depan diperkirakan akan lebih besar dibandingkan tahun 2019. Di mana jabatan yang akan menjadi prioritas adalah, tenaga pengajar, tenaga kesehatan, serta tenaga ahli untuk pembangunan. Penetapan formasi juga akan memperhatikan beberapa hal. Salah satunya adalah menghitung jumlah pegawai yang pensiun pada tahun lalu, tahun ini, hingga tahun depan.

“Penerimaan CPNS bertujuan untuk memenuhi kebutuhan pegawai di institusi pemerintahan baik pusat maupun daerah. Sehingga instansi yang bersangkutan bisa memenuhi dan melaksanakan tugas dan fungsinya,” Aris Windiyanto, Deputi Bidang Mutasi BKN, Rabu, (23/12).

Oleh sebab itu, lanjut Aris, maka proses pengadaan formasi CPNS akan dilihat dari kebutuhan. Hanya saja dirinya tidak menyebutkan jumlah kebutuhan pegawai di pemerintah pusat maupun daerah. 

“Penerimaan CPNS tujuannya adalah untuk memenuhi kebutuhan suatu lembaga dalam melaksanakan tugas dan fungsinya. Oleh karena itu, proses pengadaan CPNS dilakukan sesuai dengan kebutuhan. Saya belum bicara boleh atau tidaknya di tahun 2021,” tandas Aris Windiyanto.

Untuk diketahui, berdasarkan data BKN, ada 487.960 orang PNS yang akan pensiun dan sudah pensiun. Angka ini terdiri dari 180.905 orang PNS yang pensiun pada tahun 2019, 144.571 orang PNS yang pensiun pada tahun ini. Sedangkan untuk tahun depan, diperkirakan ada sekitar 162.484 orang PNS yang akan pensiun. (knda)

Don`t copy text!