fbpx
Selama 30 Menit, Semua Layanan Google Macet

Selama 30 Menit, Semua Layanan Google Macet

Taliwang, KOBAR – Semua layanan Google dilaporkan tak bisa diakses hari ini, Senin (14/12). Pengguna mengalami masalah ketika mengakses seluruh layanan Google, mulai dari Gmail, Google Sheets, Maps, Youtube, dan lainnya.

Berdasarkan situs Downdetector, masalah ini muncul diperkirakan terjadi mulai pada pukul 19.30 WITA. TechCrunch melaporkan, bahwa matinya layanan Google ini terjadi di hampir seluruh dunia, termasuk Amerika Serikat, Eropa, India, dan juga Asia, termasuk Indonesia.

YouTube, salah satu layanan milik Google, melalui akun Twitter resmi TeamYouTube mengungkap bahwa pihaknya sedang mengalami masalah akses.

“Kami menyadari bahwa banyak dari Anda mengalami masalah dalam mengakses YouTube saat ini. Tim kami sudah menyadari hal tersebut, dan sedang menanganinya. Kami akan memberi update sesegera mungkin ketika ada informasi baru,” tulis Team Youtube di Twitter.

Tagar #GoogleDown pun menggema di Twitter, dimana saat ini kata kunci ini sedang trending. Kata kunci Google di Twitter dicuitkan oleh lebih dari satu juta cuitan dalam kurang satu jam.

Selain itu, kata kunci Gmail dan juga tagar YouTubeDOWN juga jadi salah satu kata kunci yang sedang trending bersamaan dengan down-nya Google.

Di Twitter, tagar Gmail menjadi salah satu yang trending. Dalam setiap cuitan yang beredar netizen mengatakan bahwa akun Gmail mereka tidak dapat diakses. Hal ini diperkuat dengan gambar tampilan layar mereka yang mengatakan “Something went wrong”. Kode error tersebut ditandai google dengan angka 500.

“Pada hari Senin pagi, sebagian besar pengguna Gmail di seluruh dunia mendapatkan kesalahan termasuk tentang otentikasi, dan tidak dapat membuka email di aplikasi atau browser email. gmaildown,” tulis akun appleinsider.

Namun setelah tumbang sekitar 30 menit, layanan tersebut sudah kembali normal. Semua layanan Google sudah bisa diakses kembali sekitar pukul 20.30 WITA. YouTube, Gmail, Google Drive, dan Google Maps sudah dapat digunakan baik di desktop, maupun mobile. (knda)

Don`t copy text!