Diduga Ada Yang Ditutupi, Gugus Tugas Covid-19 KSB Hindari Bertemu Insan Pers

Menu

Mode Gelap

SUMBAWA BARAT · 25 Apr 2020

Diduga Ada Yang Ditutupi, Gugus Tugas Covid-19 KSB Hindari Bertemu Insan Pers


Diduga Ada Yang Ditutupi, Gugus Tugas Covid-19 KSB Hindari Bertemu Insan Pers Perbesar

“Pejabat Jaga Jarak, Data Sulit Diakses”

Taliwang, KOBAR – Belasan wartawan pemburu berita yang bertugas di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) terpaksa dibuat gigit jari, setelah sekian lama menunggu Pejabat yang berwenang di Posko Gugus Tugas Penanganan Covid-19, Samping Kantor Bupati KSB, Jum’at, (24/4), Malam.

Para insan pers itu sengaja mendatangi posko, guna untuk melakukan konfirmasi  kepada pejabat berwenang, terkait satu warga KSB berinisial M, yang divonis positif Covid-19, yang diumumkan Pemerintah Provinsi NTB, Jum’at (24/4), Sore.

Satu jam sejak wartawan hadir di Posko, belum ada tanda-tanda akan adanya Konferensi Pers seperti biasa, namun justru satu persatu Pejabat Gugus Tugas Penanganan Covid-19, seperti, Ketua Pelaksana Harian yang juga Sekda KSB, Kadis Dinkes,dan Dirut RSUD, yang sudah ada di Posko sebelumnya malah hengkang dari Posko Covid-19. Menurut keterangan anggota Gugus Tugas yang ada di Posko, kepada wartawan, mereka dipanggil Bupati.

Yang menarik anggota Forkompimda, Kapolres dan Dandim, justru terkesan ditinggal bersama wartawan. Setelah menunggu hampir 3 jam belum ada tanda-tanda pejabat yang tergabung dalam Gugus Tugas ini akan balik, namun menurut sebagian anggota Gugus Tugas akan balik ke Posko bersama Bupati.

Menunggu dan menunggu tanpa kejelasan, akhirnya setelah 3 jam lebih, wartawan memilih angkat kaki dari Posko, sembari berpamitan kepada Kapolres dan Dandim yang saat itu masih standby, dan hendak mau balik juga.

Ini tentu membuat sejumlah wartawan merasa tidak dihargai setelah sekian lama menunggu tanpa kejelasan.

“Kita berinisiatif datang  ke Posko karena kami peduli dan perlu ada wawancara seperti biasa, tentu sembari membawa berbagai pertanyaan dan kegelisahan publik untuk diluruskan,” tutur Sudirman, salah satu wartawan yang hadir.

Yang mengagetkan, selang satu jam kemudian, beredar Pers Rilis Bupati, namun disampaikan bukan oleh pejabat Gugus Tugas, dan biasanya Pers Rilis yang seharusnya ke media malah tersebar begitu saja ke tengah masyarakat.

“Etikanya kalau memang Pers Rilis yang ingin disampaikan tentu harus melalui pihak terkait, namun ini justru tersebar bahkan langsung ke tengah masyarakat. Ini sama saja dengan tidak menghargai media massa selaku sarana penyampaian informasi yang bertanggung jawab ke publik yang dijamin Undang-undang,” cetus Sudirman, Pemred InsideNTB.com, kepada awak media ini.

Wartawan lainnya, Bastian, dari KSBNews.com, menilai, ada kesan Gugus Tugas tidak siap menyampaikan masalah yang terjadi dan terkesan menutupi masalah Covid-19 ini, kecurigaan Bastian ini bukan tanpa alasan, sebab dalam kasus warga berinisial SY yang Positif sebelumnya, ada pernyataan yang berbeda antara Gugus Tugas Provinsi NTB dan Gugus Tugas KSB, dalam hal mata rantai penyebaran Covid-19, dimana dalam rilis Gugus Tugas Kabupaten tak ada disebutkan mata rantai pasien Positif, saat masih berstatus PDP, setelah pasien dinyatakan positif,  justru Pemerintah Provinsi yang membuka mata rantai penyebaran Virus.

“Kok bisa Provinsi lebih tahu daripada Gugus Tugas KSB! Ini terkesan ada yang ditutupi di sini, atau memang KSB tidak siap dengan data, dan sungguh-sungguh dalam penanganan Covid-19 ini,” tukas Bastian.

Menyikapi hal itu, Ketua DPW JOIN NTB, Indra Irawan LM, angkat bicara, dan sangat menyayangkan langkah Pemerintah setempat. Sebagai Pilar Demokrasi, kata Indra, Pers bertanggung jawab terhadap rakyat dalam penyebaran informasi yang benar.

Menyampaikan Pers Rilis, kata Indra, bahkan hingga tersebar begitu saja ke tengah masyarakat apalagi melalui Media Sosial sama dengan mengkhianati peran Pers.

“Kita tidak mau berandai-andai, bagaimana kalau Pers Rilis itu dibuat dan disebarkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab, misalnya meniru dengan mengganti semua narasi, dan menyesatkan yang mengarah kepada hoax, siapa yang bertanggung jawab!,” tandas Indra Irawan LM, sambil geleng-geleng. (kras)

About The Author

Trending di KOBARKSB.com

  • 53
    DPD JOIN KSB Mengajak Khilafatul Muslimin Cegah Pandemi Covid-19Taliwang, KOBAR - Untuk mendukung pencegahan dan penanggulangan Pandemi Covid19, Dewan Pengurus Daerah (DPD) Jurnalis Online Indonesia (JOIN) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), menggelar Bhakti sosial di Pondok Pesantren (Ponpes) Khilafatul Muslimin, Lingkungan Perjuk, Kelurahan Telaga Bertong, Sabtu (13/06) Pagi. Bhakti sosial tersebut berupa pemberian bantuan masker, beras dan mie isntan…
  • 51
    Bupati Yakin Dengan Tatanan Baru “New Normal”, Roda Ekonomi di Daerah Kembali BergerakTaliwang, KOBAR - Pandemi covid-19 telah membuat ekonomi banyak daerah terkapar, termasuk Kabupaten Sumbawa Barat (KSB). Bagaimana tidak, aktivitas sosial dan ekonomi hampir lumpuh dan membuat roda perekonomian terhenti. Namun semenjak dicanangkan tatanan hidup baru “New Normal” di tengah ancaman virus corona, roda ekonomi di daerah diyakini akan kembali bergerak.…
  • 48
    Untuk Kesekian Kali, PTAMNT Serahkan Bantuan ke Gugus Tugas Covid-19 KSB Taliwang, KOBAR - Selang beberapa hari, PTAMNT dilaporkan kembali serahkan bantuan penanganan pandemi virus corona kepada tim gugus tugas Covid-19 KSB. Perusahaan tambang emas dan tembaga yang beroperasi di batu hijau, Kecamatan Sekongkang, diketahui tak jemu memberikan bantuan kepada masyarakat lingkar tambang selama wabah corona melanda. Kepala Departemen Publik Affairs,…
  • 46
    Meski Belum Berstatus Zona Hijau Covid-19, Takbir dan Shalat Idul Adha di KSB Tetap Akan DilaksanakanBupati: Lansia, Anak-anak, dan Orang Sakit di Rumah Saja Taliwang, KOBAR - Berdasarkan sidang isbat yang dilaksanakan Kementerian Agama RI, Selasa, (21/7), Pemerintah menetapkan bahwa Idul Adha, 10 Dzulhijjah 1441 H, jatuh pada hari Jum’at, tanggal 31 Juli 2020. Meski dalam kondisi pandemi covid-19, dan wilayah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB)…
  • 45
    Cegah Virus Corona, Pemda KSB Turun TanganTaliwang, KOBAR - Usai melaksanakan Upacara Syukur ke-3 di Lapangan Graha Fitrah, Senin (20/03). Bupati Sumbawa Barat Dr Ir H W Musyafirin MM, dan Wakil Bupati Fud Syaifuddin, ST, bersama Forkopimda, Sekda, Kadis Kesehatan, serta beberapa Kepala Dinas yang tergabung dalam Satgas pencegahan dan penanganan Covid-19, melakukan pemantauan diposko Terminal…

Eksplorasi konten lain dari KOBARKSB.com

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

Artikel ini telah dibaca 4 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 H – KOBARKSB.com

16 Juni 2024 - 22:44

Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 H

Jaringan Mafia Tanah di Sekongkang Bawah Terbongkar, 1 Kontainer Barang Bukti Diamankan Kejaksaan

10 Juni 2024 - 13:48

Jaringan Mafia Tanah di Sekongkang Bawah Terbongkar, 1 Kontainer Barang Bukti Diamankan Kejaksaan - Kejaksaan Negeri Sumbawa Barat

Amman Mineral Buka 17 Lowongan Kerja Terbaru di Tambang Batu Hijau Sumbawa Barat

8 Juni 2024 - 17:48

Amman Mineral Buka 17 Lowongan Kerja Terbaru di Tambang Batu Hijau Sumbawa Barat - Tambang Emas PT Amman Mineral Internasional Tbk (AMMAN)

AMMAN dan Peselancar Rizal Tandjung Kolaborasi Majukan Wisata Bahari Sumbawa Barat

5 Juni 2024 - 01:58

AMMAN dan Peselancar Rizal Tandjung Kolaborasi Majukan Wisata Bahari Sumbawa Barat - Supersucks - Pantai Sumbawa Barat - Amman Mineral

Pelaku Curanmor di Taliwang Dibekuk, 3 Sepeda Motor Hasil Curian Disita

3 Juni 2024 - 19:01

Pelaku Curanmor di Taliwang Dibekuk, 3 Sepeda Motor Hasil Curian Disita - Polres Sumbawa Barat

Raja Muda Sumbawa Naik Tahta, Deapati Koasa Ling Anorawi Beri Dukungan Penuh

30 Mei 2024 - 19:04

Raja Muda Sumbawa Naik Tahta, Deapati Koasa Ling Anorawi Beri Dukungan Penuh - H W Musyafirin - Bupati Sumbawa Barat
Trending di EDITOR'S PICK
Don`t copy text!