Angka Perceraian di KSB Meningkat

Menu

Mode Gelap

SUMBAWA BARAT · 23 Nov 2018

Angka Perceraian di KSB Meningkat


Angka Perceraian di KSB Meningkat Perbesar

Taliwang, KOBAR  – Angka perceraian di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) hingga jelang akhir tahun ini tercatat meningkat. Menurut data yang dirilis Kantor Pengadilan Agama (PA) Taliwang, dalam kurun waktu Januari hingga Nopember 2018, tercatat ada 500 kasus perceraian yang terdaftar. Kesemuanya tersebar di seluruh kecamatan di KSB.

“Kasus perceraian didominasi oleh pasangan yang melakukan perselingkuhan, KDRT dan persoalan lain dalam rumah tangga,” beber Muhammad Saleh SH, Wakil Panitera PA Taliwang, kepada media ini.

Saleh menerangkan, pada bulan Oktober hingga Nopember saja, perkara yang diterima pihaknya, mencapai 308 perkara. Dan khusus cerai gugat, harta warisan, poligami, dan hak asuh anak, tercatat sebanyak 309 perkara yang masuk dalam perkara kontensius atau perkara dua pihak yang bersengketa.

“Perkara yang diputuskan oleh hakim pada bulan Oktober silam sebanyak 327 perkara kontensius,” ungkapnya.

Perkara polonter atau perkara satu pihak, tambah Saleh, hingga 15 Nopember, ada 112 perkara. Adapun yang telah diputuskan sebanyak 79 perkara per Oktober 2018.

“Angka perceraian tahun ini terbilang meningkat dari tahun sebelumnya, yang hanya 495 perkara. Ada saja pasangan yang meminta bercerai setiap bulannya. Adapun rentang usia pasangan yang berperkara yaitu usia 16 tahun sampai 80 tahun,” terangnya.

Menurutnya, kasus perceraian ini dipengaruhi berbagai faktor penyebab, diantaranya, zina, mabuk, judi, hukum penjara, poligami, KDRT, cacat badan, bertengkar, perselisihan, kawin paksa dan faktor ekonomi.

“Semoga tahun depan, angka perceraian di KSB bisa menurun. Bagaimanapun, kita prihatin dengan kondisi ini,” tutup Muhammad Saleh. (kdon)

About The Author

Trending di KOBARKSB.com

  • 32
    WNA Bisa Masuk KK dan Miliki KTPTaliwang, KOBAR - Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) penting bagi Warga Negara Indonesia (WNI), sebab KK dan KTP merupakan sebuah dokumen vital dalam pengurusan administrasi pada setiap pelayanan publik. KTP dan KK sering dipakai sebagai salah satu syarat dalam mengurus berbagai keperluan, mulai dari daftar masuk sekolah, membuat…

Eksplorasi konten lain dari KOBARKSB.com

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

Artikel ini telah dibaca 15 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 H – KOBARKSB.com

16 Juni 2024 - 22:44

Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 H

Jaringan Mafia Tanah di Sekongkang Bawah Terbongkar, 1 Kontainer Barang Bukti Diamankan Kejaksaan

10 Juni 2024 - 13:48

Jaringan Mafia Tanah di Sekongkang Bawah Terbongkar, 1 Kontainer Barang Bukti Diamankan Kejaksaan - Kejaksaan Negeri Sumbawa Barat

Amman Mineral Buka 17 Lowongan Kerja Terbaru di Tambang Batu Hijau Sumbawa Barat

8 Juni 2024 - 17:48

Amman Mineral Buka 17 Lowongan Kerja Terbaru di Tambang Batu Hijau Sumbawa Barat - Tambang Emas PT Amman Mineral Internasional Tbk (AMMAN)

AMMAN dan Peselancar Rizal Tandjung Kolaborasi Majukan Wisata Bahari Sumbawa Barat

5 Juni 2024 - 01:58

AMMAN dan Peselancar Rizal Tandjung Kolaborasi Majukan Wisata Bahari Sumbawa Barat - Supersucks - Pantai Sumbawa Barat - Amman Mineral

Pelaku Curanmor di Taliwang Dibekuk, 3 Sepeda Motor Hasil Curian Disita

3 Juni 2024 - 19:01

Pelaku Curanmor di Taliwang Dibekuk, 3 Sepeda Motor Hasil Curian Disita - Polres Sumbawa Barat

Raja Muda Sumbawa Naik Tahta, Deapati Koasa Ling Anorawi Beri Dukungan Penuh

30 Mei 2024 - 19:04

Raja Muda Sumbawa Naik Tahta, Deapati Koasa Ling Anorawi Beri Dukungan Penuh - H W Musyafirin - Bupati Sumbawa Barat
Trending di EDITOR'S PICK
Don`t copy text!