Bupati Sumbawa Barat Ancam Demosi Pejabat Berkinerja Buruk

Menu

Mode Gelap

SUMBAWA BARAT · 24 Mei 2017

Bupati Sumbawa Barat Ancam Demosi Pejabat Berkinerja Buruk


Bupati Sumbawa Barat Ancam Demosi Pejabat Berkinerja Buruk Perbesar

“Yang Tidak Sanggup Kerja Diminta Mundur”

Taliwang, KOBAR – Bupati Sumbawa Barat, Dr Ir H W Musyafirin MM, memastikan akan melakukan evaluasi secara menyeluruh terhadap kinerja Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) hingga jajaran di bawahnya. Hal tersebut dilakukan dirinya, untuk mempercepat roda pemerintahan. Mengingat hasil evaluasi sementara ini, masih banyak Kepala SKPD yang tidak memiliki terobosan dalam percepatan pembangunan daerah.

“Evaluasi kinerja itu mulai akan dilakukan dalam bulan ini dan akan menyasar  pimpinan SKPD sampai ke tingkat yang paling rendah. Dalam pelaksanaan proses evaluasi ini juga akan melibatkan tim independen sehingga bebas dari intervensi pihak mana pun. Jadi, jika ada pimpinan SKPD ataupun jajaran di bawahnya yang merasa kurang mampu meningkatkan kinerjanya untuk bisa menyampaikannya segera,” tegas Bupati.

Bupati menekankan, bahwa dirinya tidak akan segan dan sungkan untuk melakukan demosi atau penurunan jabatan, bagi pejabat yang berkinerja buruk. Kalau memang tidak berprestasi, bisa saja mereka akan diturunkan kembali menjadi staf.

“Saat ini proses evaluasinya tengah berlangsung, sehingga nanti setelah penyusunan APBD-Perubahan baru akan dilakukan pengisian kembali,” tukasnya.

Menurutnya, berdasarkan pengamatan yang dilakukan dirinya selama ini, ada beberapa Kepala SKPD yang dinilai belum mampu meningkatkan capaian program kinerja secara maksimal. Untuk itu, beberapa Kepala SKPD itu dipastikan akan tergeser, dan ia akan memberikan kesempatan bagi para pejabat baru untuk membuktikan kinerja mereka.

“Bisa jadi akan ada mutasi karena mungkin posisinya kurang tepat. Tapi hal itu bagi kami merupakan hal yang biasa dan sangat wajar. Semuanya akan ditentukan setelah hasil evaluasinya nanti diketahui,” jelasnya.

Menurut  Bupati,  evaluasi kinerja itu sengaja diumumkan jauh-jauh hari, agar Kepala Dinas dan pejabat di bawahnya segera melakukan perubahan dengan meningkatkan kinerja. Tupoksi masing-masing dinas ia minta untuk dijalankan dengan baik, sehingga roda pemerintahan bisa terus bergerak, tidak ada yang stagnan.

“Saya berharap satu bulan kemudian tim evaluasi independen ini bisa menjalankan tugasnya dengan baik. Sehingga hasil dari evaluasi itu akan menghasilkan pejabat terbaik yang bisa membantu pemerintah dalam menjalankan tugas yang ada,” terangnya.

Selain mengevaluasi, Bupati juga menyatakan akan terus melakukan pemantauan kinerja SKPD, dengan harapan bisa menutup ruang kelemahan tersebut. SKPD diminta untuk dapat melaksanakan program pembangunan yang telah tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2016-2021. Dengan mengacu pada RPJMD, diharapkan program pembangunan dapat berjalan dengan baik dan tepat sasaran, serta anggaran yang tersedia bisa terserap dengan baik.

“Kita ingin program pembangunan skala prioritas bisa terlaksana dengan baik, dan memberikan dampak positif bagi pembangunan di daerah serta kesejahteraan masyarakat,” tandasnya.

Lebih lanjut, dikatakan Bupati, bahwa prioritas pembangunan Kabupaten Sumbawa Barat tahun 2016-2021, adalah; Infrastruktur, meningkatkan kualitas hidup masyarakat, tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, demokratis dan terpercaya. Kemudian ketahanan pangan dan pemberdayaan ekonomi.

“Untuk mencapai dan melaksanakan program prioritas tersebut, diperlukan kerja keras semua SKPD. Untuk itu saya minta seluruh SKPD untuk meningkatkan kinerja. Dan bagi pimpinan SKPD yang tidak sanggup melaksanakan tugasnya, saya minta untuk mundur. Karena masih banyak pegawai yang siap menggantikannya,” demikian Bupati Sumbawa Barat. (ktas)

About The Author

Trending di KOBARKSB.com

  • 44
    Pelantikan Sekda KSB DiundurTaliwang, KOBAR - Surat Keputusan (SK) terkait penetapan Sekda definitif Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), sayup-sayup dikabarkan telah ditanda tangani Bupati Sumbawa Barat, Dr Ir H W Musyafirin MM. Sekda yang masih dirahasiakan namanya itu bahkan direncanakan akan dilantik beberapa hari kedepan. Kendati sempat dihembuskan bahwa pelantikan Sekda akan dilakukan sekitar tanggal 18-20 Agustus.…
  • 42
    Setelah Sekda Definitif, Mutasi Pejabat di KSB Langsung DigelarBupati: Kita Akan Tempatkan Aparatur Yang Berkompeten Taliwang, KOBAR - Perlahan namun pasti, akhirnya gerbong mutasi besar-besaran akan mulai bergerak di lingkup Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB). Saat ini bahkan dikabarkan tengah dilakukan evaluasi dan penilaian terhadap kinerja Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Bupati Sumbawa Barat, Dr Ir H W Musyafirin…
  • 42
    Sumbawa Barat Miliki 100 Orang CPNS BaruTaliwang, KOBARKSB.com - Sebanyak 100 orang Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) formasi tahun 2019, telah disumpah dan dilantik oleh Bupati Sumbawa Barat, untuk penugasan di wilayah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). “Saya bangga atas prestasi kelulusan yang diraih oleh para peserta Prajabatan CPNS Angkatan 2019 dengan…
  • 42
    Mangkrak Selama 6 Tahun, Jalur 2 Jalan Raya TGH ZAM Taliwang Segera DihotmixTaliwang, KOBARKSB.com - Setelah dibangun pada masa pemerintahan Gubernur Tuan Guru Bajang (TGB) lantas mangkrak, jalur 2 proyek Jalan Raya TGH Zainuddin Abdul Madjid (ZAM) dilaporkan akan kembali dikerjakan. Jalan raya sepanjang lebih kurang 3 KM di Kota Taliwang ini, dahulunya dikerjakan oleh Pemerintah Provinsi NTB. Namun tanpa diketahui penyebabnya,…
  • 41
    Mutasi Pejabat Segera BergulirMutasi pejabat di lingkup Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) dipastikan bergulir dalam waktu dekat ini. Bupati Sumbawa Barat, Dr Ir H W Musyafirin MM, bahkan sudah memberikan sinyal pelaksanaan mutasi itu hanya akan dilakukan kepada pejabat eselon III, termasuk para kepala wilayah (Camat). Kebijakan mutasi itu tujuannya tak lain untuk…
  • 41
    Santer, Penjabat Bupati KSB Akan Segera Gelar MutasiAbdul Hakim: Banyak Pejabat Tak Kompeten Taliwang, KOBAR - Penjabat Bupati Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Dr Ir H Abdul Hakim MM, akan segera menggelar mutasi. Pergeseran pejabat dalam lingkup pemerintahan itu dilakukan untuk melakukan penataan kembali penempatan pejabat, karena dinilai bahwa penempatan saat ini tidak sesuai dengan tupoksi dan terkesan…

Eksplorasi konten lain dari KOBARKSB.com

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

Artikel ini telah dibaca 2 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

Masa Jabatan 53 Kepala Desa di Sumbawa Barat Diperpanjang 8 Tahun

20 Juni 2024 - 11:27

Masa Jabatan 53 Kepala Desa di Sumbawa Barat Diperpanjang 8 Tahun - H W Musyafirin - Bupati Sumbawa Barat

Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 H – KOBARKSB.com

16 Juni 2024 - 22:44

Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 H

Jaringan Mafia Tanah di Sekongkang Bawah Terbongkar, 1 Kontainer Barang Bukti Diamankan Kejaksaan

10 Juni 2024 - 13:48

Jaringan Mafia Tanah di Sekongkang Bawah Terbongkar, 1 Kontainer Barang Bukti Diamankan Kejaksaan - Kejaksaan Negeri Sumbawa Barat

Amman Mineral Buka 17 Lowongan Kerja Terbaru di Tambang Batu Hijau Sumbawa Barat

8 Juni 2024 - 17:48

Amman Mineral Buka 17 Lowongan Kerja Terbaru di Tambang Batu Hijau Sumbawa Barat - Tambang Emas PT Amman Mineral Internasional Tbk (AMMAN)

AMMAN dan Peselancar Rizal Tandjung Kolaborasi Majukan Wisata Bahari Sumbawa Barat

5 Juni 2024 - 01:58

AMMAN dan Peselancar Rizal Tandjung Kolaborasi Majukan Wisata Bahari Sumbawa Barat - Supersucks - Pantai Sumbawa Barat - Amman Mineral

Pelaku Curanmor di Taliwang Dibekuk, 3 Sepeda Motor Hasil Curian Disita

3 Juni 2024 - 19:01

Pelaku Curanmor di Taliwang Dibekuk, 3 Sepeda Motor Hasil Curian Disita - Polres Sumbawa Barat
Trending di HUKUM
Don`t copy text!