Air Minum Depot Air Isi Ulang Dilarang Dijual Keliling

Menu

Mode Gelap

SUMBAWA BARAT · 3 Feb 2017

Air Minum Isi Ulang Dilarang Jual Keliling


Air Minum Isi Ulang Dilarang Jual Keliling Perbesar

Dinkes: Yang Melanggar Akan Ditindak

Taliwang, KOBAR – Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) akan meningkatkan lagi pengawasan terhadap depot air minum isi ulang yang berada di wilayah setempat. Pengawasan ini dilakukan untuk memastikan kelayakan air minum yang dikonsumsi warga benar-benar terjamin kehigienisannya.

“Air minum merupakan kebutuhan dasar dari masyarakat sehingga kita perlu meningkatkan lagi pengawasan terhadap depot air minum isi ulang yang banyak tersebar itu,” ungkap Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumbawa Barat, H Tuwuh SAP.

Menurutnya, pengawasan yang dilakukan pihaknya sudah berlangsung sejak lama dan dilaksanakan secara periodik. Selain untuk mengetahui hasil produksi maupun hal lain yang harus dipenuhi dan dipatuhi oleh pemilik depot air minum isi ulang, tetapi juga melakukan uji sample terhadap kualitas baku mutu air yang dihasilkan. Sementara dari hasil uji sample yang dilakukan itu belum ditemukan adanya produksi air minum isi ulang yang tidak memenuhi standar baku mutu air minum.

“Kita tahu air minum itukan merupakan kebutuhan dasar manusia. Jadi uji sample itu juga sebagai langkah antisipasi terhadap penyebaran penyakit akibat air yang dikonsumsi masyarakat tidak memenuhi kelayakan dan terbebas dari kuman dan bakteri,” timpalnya.

Dijelaskannya, air minum isi ulang tidak serta merta dinyatakan aman dikonsumsi. Air isi ulang baru bisa dinyatakan aman konsumsi, jika tidak merupakan hasil penyetokan atau penimbunan.

Namun kata dia, kondisi itu justru berbanding terbalik dengan fakta yang terjadi di lapangan. Banyak pengusaha atau pemilik depot air isi ulang yang justru menjual produksi air minumnya ke sejumlah kios secara keliling. Bahkan memperjual belikan air minum hasil penyulingan beberapa hari lalu.

“Secara aturan, pengusaha depot air minum isi ulang sebenarnya tidak diperbolehkan menjual atau memasarkan sendiri hasil produksinya ke masyarakat, melainkan konsumen  atau pembeli yang mendatangi. Kalau pemiliknya sendiri yang menjual, pasti konsumen tidak mengetahui kapan penyulingan air minum itu dilakukan,” jelasnya.

Karena itu dihimbau kepada masyarakat untuk berhati-hati membeli produksi air isi ulang ini. Masyarakat harus mendatangi secara langsung depot air minum isi ulang untuk memastikan air diisi atau disuling saat dibeli. Begitu juga pihaknya akan mensosialisasikannya kepada pemilik depot isi ulang untuk tidak memperjual belikan air minum hasil produksi atau penyulingan beberapa hari lalu.

“Jika setelah disosialisasikan, pemilik depot tetap melanggar, tentu akan kita berikan teguran keras hingga pencabutan izin operasional,” pungkasnya. (ktas)

About The Author


Eksplorasi konten lain dari KOBARKSB.com

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

Artikel ini telah dibaca 116 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

Jaringan Mafia Tanah di Sekongkang Bawah Terbongkar, 1 Kontainer Barang Bukti Diamankan Kejaksaan

10 Juni 2024 - 13:48

Jaringan Mafia Tanah di Sekongkang Bawah Terbongkar, 1 Kontainer Barang Bukti Diamankan Kejaksaan - Kejaksaan Negeri Sumbawa Barat

Amman Mineral Buka 17 Lowongan Kerja Terbaru di Tambang Batu Hijau Sumbawa Barat

8 Juni 2024 - 17:48

Amman Mineral Buka 17 Lowongan Kerja Terbaru di Tambang Batu Hijau Sumbawa Barat - Tambang Emas PT Amman Mineral Internasional Tbk (AMMAN)

AMMAN dan Peselancar Rizal Tandjung Kolaborasi Majukan Wisata Bahari Sumbawa Barat

5 Juni 2024 - 01:58

AMMAN dan Peselancar Rizal Tandjung Kolaborasi Majukan Wisata Bahari Sumbawa Barat - Supersucks - Pantai Sumbawa Barat - Amman Mineral

Raja Muda Sumbawa Naik Tahta, Deapati Koasa Ling Anorawi Beri Dukungan Penuh

30 Mei 2024 - 19:04

Raja Muda Sumbawa Naik Tahta, Deapati Koasa Ling Anorawi Beri Dukungan Penuh - H W Musyafirin - Bupati Sumbawa Barat

Gempur Pita Cukai Palsu, Laporkan Peredaran Rokok Ilegal – Iklan DBHCHT

28 Mei 2024 - 14:24

Gempur Pita Cukai Palsu, Laporkan Peredaran Rokok Ilegal - Iklan DBHCHT - Bea Cukai Sumbawa

Pengumuman Hasil Seleksi PPS Pilkada KSB 2024

27 Mei 2024 - 19:53

Pengumuman Hasil Seleksi PPS Pilkada KSB 2024 - KPU KSB
Trending di NEWS
Don`t copy text!