fbpx
Asal Pasang, Rambu Penunjuk Jurusan Justru Salah Arah

Asal Pasang, Rambu Penunjuk Jurusan Justru Salah Arah

Taliwang, KOBAR – Setelah proyek perbaikan jalan negara yang didanai APBN tuntas dikerjakan, bersamaan dengan pekerjaan pemasangan rambu-rambu dan marka jalan raya. Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) setempat, betul-betul dibikin pusing oleh kontraktor pelaksana proyek. Ternyata ada rambu-rambu yang terpasang tidak sesuai dengan kondisi sebenarnya. Diduga karena tanpa koordinasi dengan pemerintah setempat, mengakibatkan rambu-rambu tersebut dipasang asal-asalan saja. Salah satunya, yang berhasil ditemukan media ini, Rambu Pendahulu Penunjuk Jurusan (RPPJ) yang terletak di Simpang Berang, Kelurahan Bugis, Kecamatan Taliwang.

Terkait persoalan ini, Kepala Dishubkominfo Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), melalui Kepala Bidang Perhubungan Darat, Muhammad Taufiq SSos, membenarkan, bahwa rambu Pendahulu Penunjuk Jurusan itu memberikan keterangan arah yang salah. Labuan Lalar, Sekongkang dan Jereweh yang semestinya mengarah ke selatan, tapi justru tertulis ke arah barat, lokasi menuju Pantai Balad.

“Kita akan turunkan. Karena jika dibiarkan tanpa dikoreksi, dikhawatirkan banyak pengendara maupun masyarakat yang justru kebingungan,” ujarnya.

Menurutnya, Perbaikan yang akan dilakukan itu telah dikoordinasikan dengan berbagai pihak. Termasuk Kementerian Perhubungan karena letak papan penunjuk arah tersebut berada di jalan negara.

“Koordinasi juga dilakukan ke Balai Lalu Lintas Angkutan Jalan Sungai Danau dan Penyebrangan (BLLAJSDP), kami diminta untuk segera memperbaikinya,” katanya.

Ia membeberkan, bahwa saat ini terdapat puluhan RPPJ yang sudah terpasang di sejumlah ruas jalan yang ada di KSB. Setelah dilakukan pengecekan, RPPJ yang terletak di lokasi tersebut yang terindentifikasi memberikan keterangan arah salah.

“RPPJ itu bagian dari informasi. Kita akan menurunkannya untuk dilakukan perbaikan,” pungkasnya. (kjon)

Don`t copy text!