Waspadalah, Makanan Mengandung Boraks dan Formalin Ditemukan di Pasar Tana Mira

Menu

Mode Gelap

PULAU SUMBAWA · 24 Jun 2016

Waspadalah, Makanan Mengandung Boraks dan Formalin Ditemukan di Pasar Tana Mira


Waspadalah, Makanan Mengandung Boraks dan Formalin Ditemukan di Pasar Tana Mira Perbesar

Taliwang, KOBAR – Masyarakat Sumbawa Barat diingatkan untuk selalu waspada dalam membeli produk  makanan di pasaran. Pasalnya, pihak Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) setempat menemukan adanya produsen atau pedagang yang mencampurkan bahan kimia jenis boraks dan formalin ke dalam bahan makanan dagangannya.

Kasat Pol PP KSB melalui Kepala Seksi Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat, Muhammad Sukri SPd, membenarkan bahan kimia berbahaya tersebut ditemukan pihaknya saat melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) bersama Dinas Kesehatan (Dinkes) dan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) di Pasar Tana Mira, belum lama ini.

“Ya, dalam Sidak itu kita menemukan dua lapak menjual makanan berupa Kerupuk dan Terasi positif mengandung formalin dan boraks. Kini, kedua jenis makanan tersebut sudah kita amankan sebagai barang bukti,” terangnya.

Rentetan agenda sidak yang dilakukan pihaknya bersama Dinkes dan BPOM diawali dengan lebih dulu menginspeksi toko modern. Hasilnya, sejumlah makanan dan minuman siap saji kadaluarsa yang tidak lagi layak jual banyak dijumpai. Sidak pada penjual takjil pun dilakukan dan hasilnya masih aman. Tidak ditemukan adanya penjual takjil yang menggunakan bahan kimia berbahaya dalam dagangannya.

“BPOM pada saat Sidak membawa langsung peralatan laboratoriumnya. Bahan makanan setiap lapak di uji samplenya di tempat. Sehingga, pada saat yang bersamaan, hasil dari uji lab langsung diketahui makanan mana yang steril dan makanan mana yang mengandung bahan kimia berbahaya,” imbuhnya.

Sidak yang dilakukan pihaknya bersama Dinkes dan BPOM, kata Sukri, adalah upaya nyata untuk menjaga peredaran bahan kimia berbahaya yang dapat merusak kesehatan. Selain juga memberikan rasa aman bagi masyarakat dalam mengkonsumsi makanan. Apalagi, di era modern ini, banyak pedagang menjalankan bisnisnya dengan menghalalkan berbagai cara.

“Ini ulah pedagang yang tidak bertanggung jawab. Orang lain yang mendapatkan sakit mereka menikmati keuntungan. Ini akan menjadi perhatian kita apalagi menjelang Hari Raya Idul Fitri,” cetusnya.

Sukri tidak memungkiri jika Sidak yang dilakukan tersebut adalah tindakan yang kesekian kalinya dilakukan. Termasuk sebagai upaya menekan agar para pedagang tidak menggunakan bahan kimia berbahaya pada produk yang dipasarkan.

“Boraks dicampur dalam kerupuk sedangkan formalin ditemukan dalam terasi. Tempat produksinya sudah kita kantongi. Kasus ini akan berjalan terus untuk memberi efek jera,” bebernya.

Disinggung mengenai hukuman yang akan diterima oleh pedagang yang terbukti menggunakan bahan kimia berbahaya tersebut, Sukri mengaku telah dipanggil untuk dimintai keterangan dan pertangungjawabannya.

“Di dalam UU telah mengatur tentang itu. Bisa kurungan penjara karena dengan sengaja menjual, bahkan tidak menutup kemungkinan denda berupa uang jutaan rupiah.  Bahkan dalam  UU Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, pedagang yang ketahuan menjual makanan berbahaya diancam pidana penjara selama 3 tahun dan denda Rp 2 miliar,” tandasnya. (kjon/ktas)

Trending di KOBARKSB.com

  • 33
    Pelayanan RSUD Asy-Syifa’ Dinilai Buruk“Loket Pendaftaran Hanya Satu” Taliwang,  KOBAR - Pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Asy-Syifa’ Sumbawa Barat kembali menuai kritikan dari sejumlah pasien. Perjuangan untuk mendapatkan pemeriksaan dokter yang mungkin hanya sekitar dua hingga lima menit, harus ditempuh dalam waktu berjam-jam lamanya. Ini disebabkan pendaftaran pasien di loket masih dilakukan secara manual, dan…
  • 32
    BPOM akan Sidak Para Pedagang TakjilTaliwang, KOBAR - Dalam rangka menjaga keamanan makanan dan minuman yang dikonsumsi masyarakat selama bulan suci Ramadhan, Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi (Perindagkop) dan UMKM Sumbawa Barat bersama Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) berencana akan menggelar inspeksi mendadak (Sidak) ke para pedagang takjil puasa. Kepala Dinas Perindagkop dan UMKM, Ir Lalu…
  • 31
    Pol PP Diperintah Berantas Pasar LiarTaliwang, KOBAR - Keberadaan pasar liar atau illegal di beberapa titik di Kota Taliwang Kabupaten Sumbawa Barat menjadi keprihatinan Wakil Bupati Sumbawa Barat, Fud Syaifuddin ST. Mengantisipasi keberadaannya agar tidak semakin menjamur, pihak Satpol PP maupun Disperindagkop diperintahkan untuk mengambil tindakan tegas. “Saya perintahkan kepada pihak Satpol PP maupun Disperindagkop, mengambil…
  • 30
    Harga Bahan Pokok Tidak Stabil“Diduga Ada Spekulan Yang Bermain” Taliwang, KOBAR - Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM Sumbawa Barat diminta untuk dapat melakukan operasi pasar dan pengawasan terhadap harga sembako di sejumlah pasar tradisional saat bulan ramadhan ini. Pengawasan terhadap harga sembako ini perlu dilakukan untuk menjamin harga kebutuhan pokok masyarakat tetap stabil di…
Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Pewarta

Baca Lainnya

Seleksi Calon ASN 2023 Segera Dibuka, Kuota PPPK Lebih Banyak Dibanding CPNS

12 Agustus 2023 - 20:27

Seleksi Calon ASN 2023 Segera Dibuka, Kuota PPPK Lebih Banyak Dibanding CPNS - Seleksi PPPK 2023 - CASN 2023

3.113 Orang Jemaah Haji NTB Telah Tiba di Kampung Halaman

30 Juli 2023 - 22:03

3.113 Orang Jemaah Haji NTB Telah Tiba di Kampung Halaman - Jamaah Haji Sumbawa - Bandara Internasional Lombok - Embarkasi Lombok

PT Adaro Energy Indonesia Buka 55 Lowongan Kerja Untuk Tamatan SMA dan Sarjana

9 Juli 2023 - 20:07

PT Adaro Energy Indonesia Buka 55 Lowongan Kerja Untuk Tamatan SMA dan Sarjana - Lowongan Kerja Terbaru PT Adaro Energy Indonesia

Selamat Hari Raya Idul Adha 1444 H – Amilan Hatta

28 Juni 2023 - 20:00

Selamat Hari Raya Idul Adha 1444 H - Amilan Hatta - Calon Anggota DPRD NTB Dapil NTB 5 - Partai PDI Perjuangan

Semua Layanan Media Sosial Milik Facebook Mati Total

5 Oktober 2021 - 01:19

Semua-Layanan-Media-Sosial-Milik-Facebook-Mati-Total-Facebook-Down

Waspada Hujan Lebat Sepanjang Hari Terjadi di NTB

22 Februari 2021 - 19:34

Hujan-Lebat
Trending di LOMBOK TENGAH
Don`t copy text!