APBDP KSB Bakal Tembus Rp 1,2 Triliun

APBDP KSB Bakal Tembus Rp 1,2 Triliun

Taliwang, KOBAR – Besaran pendapatan Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBDP) 2016 diproyeksikan mencapai Rp 1,2 Triliun atau mengalami peningkatan sebesar Rp 365 miliar dari pendapatan APBD murni 2016 sebesar Rp 825 miliar.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Dr Ir H Amry Rakhman MSi, mengatakan, target pendapatan daerah di APBDP yang akan ditetapkan Juli mendatang memang cukup signifikan, seiring transfer pembayaran royalti PT Newmont Nusa Tenggara (PTNNT) dari pemerintah pusat.

“Kenaikannya memang cukup signifikan. Dan itu merupakan akumulasi kekurangan pembayaran royalti PTNNT tahun anggaran 2014 – 2015 lalu,” ungkapnya.

Selain pembayaran royalti, kata Amry, peningkatan pendapatan daerah di APBDP juga berasal dari pajak dan retribusi daerah.

“Ya, kedua hal itu juga telah memberikan kontribusi yang besar bagi penerimaan daerah. Ini juga menandakan Pemerintah telah cukup intens dalam mengeliatkan dan mengoptimalkan semua sektor yang ada,” timpalnya.

Menurutnya, pembahasan APBDP sendiri direncanakan akan dibahas paling lambat pertengahan Juni mendatang atau setelah menyelesaikan Laporan Keterangan Pertangung Jawaban (LKPJ) Bupati.

“Kalau Juni dibahas maka penetapannya dilakukan sekitar bulan Juli sehingga realisasi anggaran sudah dapat dilakukan sekitar Agustus mendatang,” pungkasnya. (ktas)

Don`t copy text!