fbpx
Akhirnya TKD Aparatur KSB Terbayarkan

Akhirnya TKD Aparatur KSB Terbayarkan

Taliwang, KOBAR – Sumringah terpancar pada aparatur lingkup pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), lantaran Tunjangan Kinerja Daerah (TKD) yang merupakan pendapatan tambahan sudah terbayarkan.

Kabag Humas Protokol, Najamuddin Amy S.Sos, MM melalui selularnya rabu 8/10 mengatakan, pemerintah tetap konsisten untuk membayar TKD, hanya saja ada proses yang harus dilalui, sehingga terjadi keterlambatan. “Wajar kalau terjadi keterlambatan, apalagi TKD bukan pendapatan wajib dari aparatur itu sendiri,” ucap Najam sapaannya.

Najam juga mengakui jika pembayaran TKD dilakukan secara bertahap, dimana saat ini hanya diproses untuk 3 bulan, sementara sisanya akan diupayakan pembayaran setelah rampung sinkronisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBDP) 2014. “Tetap akan dibayar TKD, jadi tunggu saja waktu realisasinya,” lanjut Najam.

Najam juga membantah jika dikatakan pembayaran TKD dilakukan secara cicil, karena yang benar adalah bertahap, sebab pembayaran terhadap TKD bukan seperti pembayaran gaji yang sudah menjadi hak. “TKD hanya bentuk penghargaan terhadap aparatur yang sudah bekerja aktif, jadi pimpinan bisa merealisasikan setiap bulan, setiap triwulan atau setiap semester, ketetapan itu menjadi hak dan kewenangan pimpinan daerah,” timpal Najam.

Pada kesempatan itu Najam juga menyampaikan, setelah realisasi TKD ini, seluruh aparatur diharapkan bertambah motivasi kerja terutama dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, tanpa harus melihat berapa bulan yang bisa tercairkan saat ini.

Pantauan langsung media ini di Bank NTB cabang Taliwang, terlihat sejumlah bendara Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) sudah mulai antri untuk melakukan proses pencairan dana TKD, agar bisa segera dibagikan kepada aparatur yang berhak, meskipun ada juga bendahara harus meninggalkan Bank NTB dengan kecewa, lantaran dana yang ditunggu itu belum masuk dalam rekening.

Informasi yang disampaikan sejumlah bendahara di lokasi itu, proses pencairan TKD yang sedang dilakukan hanya untuk 3 bulan terhitung bulan April, Mei dan Juni, sehingga yang belum terealisasi TKD untuk bulan Juli, Agustus dan September. (kimt)

Don`t copy text!