fbpx
Tidak Ada Insentif Guru Ngaji, TPQ dan Hukum Masjid

Tidak Ada Insentif Guru Ngaji, TPQ dan Hukum Masjid

Taliwang, KOBAR – Insentif untuk guru ngaji, guru Tempat Pendidikan Qur’an (TPQ), termasuk untuk hukum masjid pada tahun 2014 ini sudah tidak ada, bahkan dalam Daftar Pengguna Anggaran (DPA) bagian Kesejahteraan (Kesra) yang selama ini tempat nyantol juga tidak tertuang.

Informasi tidak ada lagi insentif yang biasa diterima para guru ngaji, guru TPQ dan hukum masjid sepertinya belum disosialisasikan, karena pembagian insentif itu biasanya dilakukan secara rapelan dan bersama-sama, jadi besar kemungkinan mereka yang biasa mendapatkan insentif itu menunggu jadwal penyerahannya.

Informasi yang diterima media ini, justru sudah banyak yang mengetahui tentang tidak adanya insentif guru ngaji, guru TPQ dan hukum masjid, bahkan tahu jika sudah dirubah nomeklaturnya dalam bentuk bantuan sosial kelompok. Buktinya, sudah ada beberapa kelompok yang mengajukan permohonan untuk mendapatkan dana bantuan sosial melalui Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Keuangan Daerah (DPPKD).

Ir Ruslan MSi, Kabag Kesra yang ditemui media ini rabu 1/10 kemarin mengaku tidak tahu persoalan perubahan nomenklatur tersebut, karena saat dirinya baru dilantik sebagai kabag Kesra. “Saya baru disini, jadi tidak tahu persis masalah itu, namun yang pasti tidak ada dalam DPA bagian Kesra untuk pembayaran insentif guru ngaji, guru TPQ dan hukum masjid,” tegas Ruslan.

Jika memang sudah dialihkan dalam nomenklatur lain dan proses program melalui DPPKD bukan menjadi kewenangan, karena saya hanya melaksanakan program yang tertuang dalam DPA. “Pokoknya saya tidak tahu urusan itu, jadi saya tidak bisa menjawab apapun terkait tidak ada lagi insentif guru ngaji, guru TPQ dan hukum masjid,” lanjut Ruslan sambil meminta informasi kepada stafnya.

Sebagai informasi, dana untuk insentif guru ngaji, guru TPQ dan hukum masjid selama ini masuk dalam DPA bagian Kesra dengan nilai Rp. 3,5 miliar lebih. Saat melakukan pembayaran, bagian Kesra biasanya mengumpulkan para guru ngaji, guru TPQ dan hukum masjid di Masjid Agung Darussalam. (kimt)

Don`t copy text!