Taliwang Tempo Dulu

Taliwang Tempo Dulu

Nama Taliwang sudah sangat dikenal sejak zaman majapahit dan tercatat dalam kitab Mpu Prapantja tahun 1365. Nama Taliwang juga diabadikan oleh Pemerintah Republik sebagai nama kapal, Kapal Republik Indonesia atau KRI TALIWANG, sebagai sarana perhubungan pertama yang menghubungkan Merak dan Panjang, pada tahun 1953.

Kapal Cargo ini dibuat oleh Belanda pada tahun 1946. Kemudian diberi nama TALIWANG, dioperasikan oleh Koninklijke Paketvaart Mij – berbendera Belanda. (IMO 5351284). Pada Tahun 1953 kapal ini dijual ke Pemerintah Republik Indonesia, sehingga berbendera Indonesia, dengan tetap bernama TALIWANG.

“De Taliwang”, kapal cargo Belanda saat bersandar di dermaga pulau buru, Maluku. (1949) Photo: C.J. (Cees) Taillie, Koleksi Tropenmuseum, Belanda.

Kapal S.S. Van Heemskerk dari KPM di Teluk Taliwang (1920) Photo: Koleksi Tropenmuseum, Belanda.

Pemandangan Pantai di Taliwang (1900-1920) Photo: Koleksi Tropenmuseum, Belanda.

Kuda di pantai, Sumbawa (1900-1940) Photo: Koleksi Tropenmuseum, Belanda.

Suasana Pasar (1949) Photo: C.J. (Cees) Taillie, Koleksi Tropenmuseum, Belanda.

Berburu rusa (Nganyang) (1900-1940) Photo: Koleksi Tropenmuseum, Belanda.

Sebuah keluarga Sumbawa di tangga rumahnya (1943) Photo: Koleksi Tropenmuseum, Belanda.

Asisten Residen Sumbawa dengan parade rampasannya (1900-1940) Photo: Koleksi Tropenmuseum, Belanda.

Klarinet dari bambu dengan enam lubang jari (Serunai) (1937) Photo: Koleksi Tropenmuseum, Belanda.

Gambang kayu (Gerompong) (1937) Photo: Koleksi Tropenmuseum, Belanda.

Danau Lebo Taliwang, Sumbawa Barat. Ini adalah danau air asin. Terlihat Nelayan dengan kano mereka. (1988) Photo : J. (Jacobus) Woudsma, Koleksi Tropenmuseum, Belanda.

Tropenmuseum, “Sebuah dunia penuh dengan cerita”. Di Tropenmuseum kita akan menemukan benda-benda yang khas dan menakjubkan dari seluruh dunia: obyek-obyek etnologis, seni populer dan seni kontemporer. Budaya-budaya menjadi hidup dalam berbagai-bagai eksposisi yang tetap dan sementara. Museumnya terletak di salah satu gedung bersejarah yang paling bagus di Amsterdam, Belanda. Tropenmuseum terletak di Amsterdam Oost [Amsterdam Timur], dekat dengan Oosterpark dan Artis. ***

Don`t copy text!