fbpx
Kapolres : Sumbawa Barat Berpotensi Untuk Peredaran Narkoba

Kapolres : Sumbawa Barat Berpotensi Untuk Peredaran Narkoba

Taliwang – Kepala kepolisian Resor Sumbawa Barat, AKBP Muhamad Suryo Saputro, Senin (2/4), mengemukakan potensi peredaran narkotika dan obat-obatan terlarang di kabupaten sumbawa barat cukup tinggi.

Dijelaskan suryo, tingginya potensi peredaran narkoba di Sumbawa Barat terlihat dari kebutuhan masyarakat yang semakin meningkat, dan tingginya angka penangkapan kasus narkoba, yang dalam beberapa bulan  terakhir cukup meningkat. Sebut saja, dalam bulan maret lalu yang secara beruntun kepolisian resor sumbawa barat menangani tiga kasus narkoba yang dilakukan oleh warga kota Taliwang.

“Warga Sumbawa Barat cukup heterogen (beragam, red), apalagi dengan adanya aktifitas pertambangan jelas menghadirkan masyarakat dari berbagai penjuru, dan ini yang dilihat oleh pelaku pengedar narkoba sebagai pangsa pasar yang potensial,” terang Kapolres kepada wartawan.

Selain itu, lanjut Suryo, aktifitas hiburan malam yang cukup tinggi juga menjadi salah satu faktor dalam peredaran narkotika dan obat-obatan terlarang. Karena peredaran narkoba biasanya bermula dari banyaknya aktifitas tadi.

“Barang itu tidak murah, jelas yang bisa membelinya adalah warga yang sudah mempunyai tingkat ekonomi yang tinggi,” terangnya.

Meski demikian ia mengakui, kesadaran masyarakat Sumbawa Barat semakin hari kian meningkat terhadap bahaya “barang haram” ini, sehingga tak jarang laporan atas dugaan peredaran narkoba di wilayah ini disampaikan oleh warga setempat, dan itu, menurutnya, sangat membantu dalam mengurangi atau mengantisipasi tingginya peredaran narkoba di Sumbawa barat.

Selain itu, efektifitas program pembangunan yang berbasis RT yang merupakan pola pembangunan yang ada di daerah ini, juga menjadi hal yang paling efektif dalam menemukan gejala-gejala dugaan penggunaan narkoba di lingkungan RT masing masing.

“Kita kadang tidak sadar, bahwa keluarga kita atau warga sekitar menggunakan narkoba, jadi sangat dibutuhkan kontrol sosial yang ketat terutama di lingkungan sekitar,” ujar Suryo.

Lebih lanjut, ia menegaskan, peredaran narkotika dan obat-obatan terlarang pastinya ada sindikat yang membantu peredaran itu, sebut saja tentang peredaran narkoba yang belum lama ini berhasil ditangani kepolisian resor setempat.

“Kalau narkoba pasti ada sindikatnya, jadi sangat dibutuhkan partisipasi semua pihak untuk bisa menemukan kasus tersebut,” demikian Suryo Saputro. [us]

Don`t copy text!