fbpx

KOBARKSB.com

News & Artikel Terkini

Harga Cabai

Harga Cabai Kembali Normal, 195 Ton Cabai Disebar Untuk Intervensi Harga Pasar

Jakarta, KOBAR – Harga cabai rawit di sejumlah pasar kini terpantau normal. Cabai rawit yang sempat menyentuh harga Rp 100 ribu/kg di tingkat petani, kini kembali di angka Rp 30 ribu/kg. Meski turun, petani cukup berbahagia, karena keuntungan selama meroketnya harga mampu menutupi kerugian pada musim panen sebelumnya.

“Alhamdulillah, sekarang cabai sudah normal kembali. Di tingkat petani itu Rp 30 ribu/kg. Saya tegaskan bahwa naiknya harga cabai tempo hari karena belum memasuki masa panen di daerah sentra,” ujar Prihasto Setyanto, Dirjen Hortikultura Kementerian Pertanian (Kementan), dalam siaran persnya, Sabtu, (3/4).

Ia mengakui bahwa Kementan baru saja menggelontorkan 30 truk atau sekitar 195 ton cabai ke 4 pasar utama, yakni, Pasar Induk Kramat Jati, Cibitung, Tanah Tinggi dan Cikopo, untuk menghentikan kenaikan harga cabai di Ibu kota.

“Iya betul, kami sudah meminta teman-teman petani untuk mengirim cabainya ke pasar-pasar induk. Kami berikan subsidi distribusi sebesar Rp 600 per kilogram,” ungkapnya.

Ia tak menampik jika menguatnya harga cabai beberapa bulan yang lalu diakibatkan oleh cuaca ekstrem. Petani cabai, katanya, banyak yang tidak menanam, karena pada musim tanam sebelumnya harga cabai sempat anjlok.

Ia menyatakan, bahwa upaya-upaya yang telah dilakukan bersama jajarannya sudah terlihat hasilnya saat ini.

“Keberhasilan ini, tidak lain karena kerjasama dengan champion cabai, asosiasi cabai dan paguyuban petani cabai, untuk turut serta bersama pemerintah mengendalikan pasokan dan harga, khususnya di Jabodetabek,” pungkas Dirjen Hortikultura Kementan. (knda)

Don`t copy text!