fbpx
PT AMNT Siap Fasilitasi TPS Khusus Untuk Dukung Pelaksanaan Pilkada

PT AMNT Siap Fasilitasi TPS Khusus Untuk Dukung Pelaksanaan Pilkada

Bawaslu KSB: Tidak Ada Aturan Terkait TPS Khusus di Wilayah Tambang

Taliwang, KOBAR Persiapan jelang pesta demokrasi pemilihan kepala daerah (Pilkada) yang akan diselenggarakan pada 9 Desember 2020 terus berlangsung, termasuk di tujuh kabupaten/kota yang berada di provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Sebagai salah satu perusahaan yang beroperasi di provinsi NTB, PT Amman Mineral Nusa Tenggara (PT AMNT), juga turut melakukan persiapan untuk mendukung pelaksanaan Pilkada.

Pilkada tahun ini memiliki banyak tantangan akibat pandemi COVID-19, karenanya Manajemen Amman Mineral berupaya agar karyawan dan mitra bisnis dapat menggunakan hak suara, dengan tetap mengutamakan protokol pencegahan COVID-19. Komunikasi antara pihak Amman Mineral dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), dan Pemerintah Daerah terus dilakukan untuk mencari solusi terbaik mengenai tata cara pelaksanaan Pilkada di masa pandemi. Beberapa alternatif solusi telah disampaikan kepada pihak penyelenggara Pilkada.

“Kami mengusulkan pembentukan Tempat Pemungutan Suara (TPS) khusus di wilayah kerja kami. Dengan demikian, karyawan dan mitra bisnis tetap dapat menggunakan hak pilih mereka dengan tetap meminimalisir potensi penyebaran COVID-19. Hal ini dilakukan untuk menjaga kesehatan dan keselamatan karyawan, mitra bisnis, dan terutama masyarakat di sekitar wilayah operasi kami. Karyawan pun tidak perlu kembali menjalani karantina 14 hari dan operasional pun bisa tetap terjaga guna mendukung keberlangsungan ekonomi provinsi NTB,” papar Kartika Octaviana, Head of Corporate Communications Amman Mineral.

Kartika Octaviana Head of Corporate Communication
Kartika Octaviana, Head of Corporate Communications Amman Mineral

Selain itu, Kartika menyebut bahwa Amman Mineral akan memfasilitasi penyelenggara dalam membangun TPS khusus tersebut. Perusahaan juga akan memfasilitasi kehadiran pihak penyelenggara Pilkada dan saksi dari kandidat yang berkontestasi, salah satunya adalah dengan menyediakan Alat Perlindungan Diri (APD) lengkap. Amman Mineral telah menerapkan protokol kesehatan yang ketat di lingkungan operasionalnya untuk membantu pemerintah daerah menahan laju penyebaran COVID-19.  

“Kami optimistis bahwa solusi terbaik akan segera dapat kami capai karena kerjasama antara Amman Mineral dengan pihak penyelenggara pemilihan mulai tingkat desa sampai kabupaten/kota telah terjalin sejak lama. Di masa sebelum pandemi, karyawan Amman Mineral bahkan juga turut terlibat aktif sebagai petugas KPPS di area townsite. Kami sangat mengapresiasi kerja keras dan keterbukaan pihak KPU, Bawaslu, dan Pemerintah Daerah dalam mempersiapkan Pilkada mendatang,” tutup Kartika.

Khaeruddin ST koordinator defisi hukum penanganan
Khaeruddin ST, Koordinator Divisi Hukum Penanganan Pelanggaran dan Sengketa, Bawaslu KSB.

Dikonfirmasi media ini, Khaeruddin ST, koordinator divisi hukum penanganan pelanggaran dan sengketa Bawaslu KSB, mengatakan, ia mengakui bahwa pihaknya telah bertemu dengan utusan PT AMNT terkait permohonan adanya TPS khusus di wilayah tambang. Akan tetapi Bawaslu belum membenarkan bisa atau tidaknya keberadaan TPS khusus tersebut, sebab belum ada ketentuan aturan terkait hal itu.

“Bawaslu dalam posisi tetap memandang bahwa TPS khusus di wilayah tambang belum ada ketentuannya. maka selama itu juga kami berpandangan tidak boleh ada TPS khusus di AMNT,” tutup Khaeruddin ST, singkat. (kdon)

Don`t copy text!