fbpx
02/06/2020

PORTAL BERITA KOBAR

kobarksb.com

Program Pariri Bariri Ditelisik

Taliwang, KOBAR – Pemberdayaan masyarakat miskin dan mengentaskan masyarakat dari kemiskinan melalui Kartu Pariri dan Bariri yang dijalankan oleh Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) ingin ditelisik oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) KSB.

Hal itu disampaikan Sekretaris Komisi II, Abidin Nasar SP, kepada awak media ini, kemarin. Menurutnya, hal itu dilakukan pihaknya untuk mengetahui sejauh mana program tersebut berjalan, apakah sudah terarah sesuai rencana atau tidak.

“Program ini diikhtiarkan sebagai upaya Pemerintah Daerah untuk menuntaskan Kemiskinan di Sumbawa Barat. Dan tidak tanggung-tanggung, ratusan miliar rupiah anggaran yang dikucurkan untuk melaksanakan program tersebut. Jadi wajar kami telisik,” kata politisi PKS itu.

Baca Juga :  Telusuri Royalti dan DBH Newmont Yang Macet, Komisi II Sambangi Kemenkeu

Karena telah menelan anggaran yang cukup fantastis, pihaknya merasa perlu untuk melakukan pendalaman terkait pelaksanaan Program tersebut. Terlebih untuk mengukur hubungan antara program daerah ini dengan Rencana Pembangunan Jangka  Menengah Daerah (RPJMD).

“Kami tidak ingin pemerintah menyalurkan bantuan kepada masyarakat tanpa ada keterkaitan sama sekali dengan target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah kedepan,” imbuhnya.

Ia mengkhawatirkan pelaksanaan program tersebut belum menyentuh langsung kebutuhan dasar masyarakat, terutama sektor pertanian. Karena pihaknya masih mendengar ada petani yang kesulitan mendapatkan bibit dan pupuk.

Baca Juga :  Pemerintah Belum Bisa Droping Air Bersih Untuk Warga Mantar

“Sebagai contoh, ada warga yang mengadu kepada kami, bahwa ia telah mengantongi kartu bariri tani, tapi ia masih kesulitan mendapatkan bibit dan pupuk yang menjadi jatahnya,” beber Abidin Nasar.

Hal-hal seperti itu seharusnya tidak perlu terjadi, ketika juknis dan juklak dijalankan dengan baik dan benar.

“Kami mendukung penuh program daerah ini. Tapi kekurangan dan penyelewangan dalam pelaksanaan program itu tidak bisa kita biarkan begitu saja. Harus kita perbaiki bersama,” tandasnya. (kdon)

loading...
Bagikan di:

KOMENTAR

Komentar