Gapensi Minta Pemerintah Berdayakan Kontraktor Lokal

Menu

Mode Gelap

PULAU SUMBAWA · 21 Sep 2016

Gapensi Minta Pemerintah Berdayakan Kontraktor Lokal


Gapensi Minta Pemerintah Berdayakan Kontraktor Lokal Perbesar

Syaiful: Tidak Boleh Ada Tebang Pilih dan Pilih Kasih

Taliwang, KOBAR – Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat diharapkan untuk  lebih memperhatikan keberadaan kontraktor lokal, juga dengan para pengusaha yang bergerak di bidang lain. Sebab sebagai salah satu penggerak roda ekonomi di daerah, pengusaha wajib diberdayakan dengan memberikan mereka kesempatan berkarya di bidangnya masing-masing.

“Tidak boleh ada tebang pilih dan pilih kasih, apalagi upaya tabrak dinding dengan mengabaikan para pengusaha lokal dan memberikan porsi besar-besaran kepada pengusaha luar daerah. Semua punya hak untuk mencari nafkah di negeri ini, tapi perlu juga dijunjung etika dari sisi otonomi daerah yang tujuannya untuk lebih mensejahterakan masyarakat di daerah ini,” tegas Ketua BPC Gabungan Pelaksana Kontruksi Nasional Indonesia (Gapensi) Sumbawa Barat, Syaifullah SPt, seusai menggelar rapat anggota Gapensi KSB dan Silaturrahmi dengan Ketua BPD Gapensi NTB, H  Faurani SE MPA, di hotel IFA Taliwang, Senin (19/9).

Ia menilai, begitu banyak proyek penunjukan langsung  (PL) di pemerintah daerah, masih jauh dari harapan para kontraktor lokal. Bahkan selama ini hanya ada sekitar puluhan kontraktor lokal anggota Gapensi yang tercatat menangani kegiatan tersebut.

“Saat ini kontraktor lokal yang menjadi anggota Gapensi  mencapai 162 badan usaha. Dari jumlah itu hanya ada sekitar 70 kontraktor saja yang menangani proyek-proyek yang ada. Selebihnya masih belum diberikan kesempatan,” imbuhnya.

Syaiful, yang juga Ketua DPC Partai Golkar Sumbawa Barat, mengaku, pihaknya seringkali mendapat laporan maupun keluhan dari kontraktor lokal tentang minimnya pelibatan mereka.

“Seharusnya jangan ada kontraktor yang diberikan lebih dari 5 hingga 6 pekerjaan. Tapi yang harus dilakukan ialah duduk bersama dengan semua kontraktor, kemudian lakukan komunikasi dengan baik sehingga tidak ada yang merasa tidak diberdayakan,” imbuhnya.

Disisi lain, ia juga meminta kepada para kontraktor lokal untuk tidak mudah meminjamkan atau menyewakan perusahaannya kepada pihak lain. Menurutnya, kebiasaan tersebut akan merusak citra para kontraktor lokal sendiri.

“Jangan juga kontraktor lokal ini ingin mengerjakan semua pekerjaan. Karena jika tidak sesuai dengan keahliannya, kualitas pengerjaanya bisa tidak bagus juga,” tukasnya.

Hal senada juga dikatakan Ketua BPD Gapensi NTB, H Faurani SE MPA, dimana begitu banyak proyek pengadaan barang dan jasa di pemerintah daerah, namun perberdayaan pengusaha lokal masih jauh dari harapan.

“Kontraktor lokal harusnya bisa menjadi tuan di daerah sendiri, paling tidak mendapatkan porsi yang sejajar dengan kontraktor lain dari luar daerah,” katanya.

Namun untuk mendapat pekerjaan tersebut, para pengusaha juga wajib mematuhi regulasi yang ada. Pihaknya berkomitmen siap membantu, agar segala kebutuhan regulasi untuk bisa ikut dalam lelang barang dan jasa khususnya di pemerintah daerah tidak terkendala.

“Tantangan sekarang makin berat. Kalau tidak profesional maka akan sulit mendapatkan pekerjaan. Terlebih sekarang sudah masuk era masyarakat ekonomi Asean (MEA) yang menjadikan tingkat persaingan makin ketat di beberapa bidang,” ujarnya.

Selain profesional, lanjutnya, para rekanan juga diminta untuk mematuhi ketentuan yang ada dalam peraturan pengadaan jasa konstruksi. Hal itu diperlukan agar para rekanan tidak tersangkut dengan permasalahan hukum ketika melakukan pekerjaan. Juga harus bisa melaksanakan pekerjaan dengan memperhatikan kualitas dan melaksanakannya sesuai batas waktu yang sudah ditentukan.

”Hal-hal inilah yang harus menjadi perhatian para rekanan. Dan, kita harapkan semua rekanan atau kontraktor, termasuk yang tergabung dalam Gapensi bisa memperhatikan masalah ini,” tukasnya.

Ia menambahkan, selain bersilaturrahmi, kegiatan tersebut dilaksanakan bertujuan untuk membahas semua kendala-kendala yang terjadi di daerah dan aturan-aturan baru yang selama ini kurang dipahami.

“Kita sebagai keluarga besar Gapensi memang harus memikirkan semua kendala-kendala yang ada di daerah dan membahasnya bersama-sama. Terutama dengan adanya peraturan baru yang kurang dipahami,” ujarnya, seraya menambahkan, selain menjadi ajang bertukar pikiran, silahturahmi seperti ini memang sudah menjadi agenda rutin pihaknya setiap tahun.

“Pertemuan ini juga sifatnya ingin menggali lebih banyak, apa saja perkembangan atau aturan-aturan baru yang kurang jelas dipahami, untuk dapat langsung didiskusikan. Kita harapkan dengan kegiatan ini, sekaligus untuk mengoreksi kinerja dan meminta masukan dari anggota Gapensi yang ada. Sehingga semua masukan yang diperoleh bisa memperbaiki kinerja kita dan anggota kedepannya,” pungkasnya. (ktas)

About The Author

Trending di KOBARKSB.com

  • 50
    Peta Politik BerubahTaliwang, KOBAR - Keputusan rapat paripurna DPR RI bahwa pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tidak dilakukan secara langsung telah merubah peta politik di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), termasuk mengecilkan peluang para bakal calon yang sudah menyatakan diri siap maju pada pesta demokrasi yang akan dilaksanakan Juni 2015 mendatang. Seperti informasi yang…
  • 46
    Proyek PL Akan Dibagi RataPemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) memastikan akan  membagikan secara merata proyek penunjukan langsung (PL)  di lingkungan Pemerintah setempat kepada pengusaha dan kontraktor lokal. Ini dibuktikan dengan telah  dibentuknya tim khusus untuk memonitoring dan mengevaluasi (Monev) terhadap pelaksanaan beberapa program yang ada di Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Seperti di katakan Bupati…
  • 45
    Dadi: Pilkada Versi Apapun Tetap OptimisTaliwang, KOBAR - Salah seorang calon Bupati Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Kusmayadi ST, SKM, MM, Mars menegaskan, apapun versi pelaksanaan pemilihan calon Bupati KSB tidak akan mengendorkan perjuangan, bahkan mengaku tetap optimis. Kepada media ini senin 29/9 kemarin, Kusmayadi menyampaikan bahwa modal jika dilaksanakan pemilihan langsung adalah kemampuan dan pengalaman yang…
  • 44
    Pemerintah Bayar TKD Untuk Tiga BulanTaliwang, KOBAR - Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) membayar Tunjangan Kinerja Daerah (TKD) untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang tertunda. Yang mana saat ini sedang dalam proses pencairan, karena Bupati KSB sudah memerintahkan untuk diproses. Kabag Humas Protokol, Najamuddin Amy, S.Sos, MM kepada media senin 15/12 kemarin menyampaikan, saat ini proses…
  • 43
    5 Desa di KSB Krisis Air BersihTaliwang, KOBAR - Setidaknya ada lima desa di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) dinyatakan mengalami krisis air bersih. Kondisi tersebut berhasil diketahui media ini melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat. “Benar, ada lima desa di KSB yang mengalami krisis air bersih. Peristiwa tersebut terjadi dan dinominasi oleh wilayah pesisir. Desa tersebut…
  • 43
    Rp 18 Miliar Siap Dikucurkan Untuk Pembebasan Lahan Milik DaerahTaliwang, KOBAR - Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan (APBDP) tahun 2016 ini telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 18 Miliar untuk membebaskan lahan yang diatasnya akan berdiri bangunan milik daerah. Kepala Bagian Pemerintahan pada Kantor Sekretariat Daerah (Setda) setempat, M Endang Arianto SSos, membenarkan hal tersebut. Ia…

Eksplorasi konten lain dari KOBARKSB.com

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

Artikel ini telah dibaca 9 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

Muhammadiyah Tetapkan 11 Maret 2024 Jadi Awal Puasa 1 Ramadan 1445 H

1 Februari 2024 - 18:43

Muhammadiyah Tetapkan 11 Maret 2024 Jadi Awal Puasa 1 Ramadan 1445 H - Haedar Nashir - Ketua Umum PP Muhammadiyah

PT Trakindo Utama Buka Lowongan Kerja Untuk Tamatan SMA dan SMK

12 Januari 2024 - 15:30

PT Trakindo Utama Buka Lowongan Kerja Untuk Tamatan SMA dan SMK - Loker Trakindo

PT Freeport Indonesia Buka 38 Lowongan Kerja Terbaru Untuk Fresh Graduate

8 Oktober 2023 - 18:01

PT Freeport Indonesia Buka 38 Lowongan Kerja Terbaru Untuk Fresh Graduate - Tambang Emas Freeport Indonesia

Seleksi Calon ASN 2023 Segera Dibuka, Kuota PPPK Lebih Banyak Dibanding CPNS

12 Agustus 2023 - 20:27

Seleksi Calon ASN 2023 Segera Dibuka, Kuota PPPK Lebih Banyak Dibanding CPNS - Seleksi PPPK 2023 - CASN 2023

3.113 Orang Jemaah Haji NTB Telah Tiba di Kampung Halaman

30 Juli 2023 - 22:03

3.113 Orang Jemaah Haji NTB Telah Tiba di Kampung Halaman - Jamaah Haji Sumbawa - Bandara Internasional Lombok - Embarkasi Lombok

PT Adaro Energy Indonesia Buka 55 Lowongan Kerja Untuk Tamatan SMA dan Sarjana

9 Juli 2023 - 20:07

PT Adaro Energy Indonesia Buka 55 Lowongan Kerja Untuk Tamatan SMA dan Sarjana - Lowongan Kerja Terbaru PT Adaro Energy Indonesia
Trending di LOWONGAN KERJA
Don`t copy text!