Cari Bakat, Perbasi KSB Gelar Turnamen Bola Basket Pelajar

Cari Bakat, Perbasi KSB Gelar Turnamen Bola Basket Pelajar

Taliwang, KOBAR – Dalam rangka mencari atlet bola basket berbakat, Persatuan Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) cabang Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) menggelar pertandingan tingkat pelajar Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) untuk putra dan putri.

Pertandingan mulai dihelat pada selasa 16/12 dengan sistem setengah kompetisi atau seluruh tim akan bertemu, karena dengan cara itu bisa melihat kemampuan dari atlet yang dikirim dari sekolah tersebut. “Kita menggunakan sistem setengah kompetisi, kecuali untuk putra tingkat SMA yang harus dibagi dua regu,” ucap ketua Perbasi KSB, Muhammad Jafar ST pada media ini senin 15/12 kemarin.

Masih keterangan Jafar sapaan akrabnya, sesuai kesepakatan saat pelaksanaan technical meeting, pertandingan dilaksanakan pada sore hari dan malam. Jika ada kendala atau terjadi hujan serta kendala lain, maka pertandingan yang tidak bisa digelar itu akan dilaksanakan pada pagi hari.

Pada kesempatan itu Jafar juga menyampaikan bahwa beberapa club sekolah sudah mendaftar sebagai peserta, untuk tingkat SMA putra ada 7 club, sedangkan untuk putri hanya tiga klub, termasuk untuk putri tingkat SMP juga tiga klub, sedangkan yang putra tingkat SMP ada empat klub, sehingga panitia menetapkan bahwa semua klub akan mendapat sertifikat sebagai ucapan terima kasih atas partisipasi.

Pihak Perbasi mempersiapkan piala kepada yang ditetapkan sebagai juara sesuai jenjang juara, sementara untuk uang pembinaan hanya diperuntukkan kepada yang juara, untuk putri baik tingkat SMA maupun SMP hanya kepada yang juara pertama, sementara tingkat SMP putra, uang pembinaan akan diberikan kepada juara pertama dan kedua, sedangkan putra tingkat SMA, uang pembinaan diberikan sampai juara ketiga.

Jafar juga berharap kegiatan pencarian bakat yang digelar saat ini bisa menjadi agenda tahunan perbasi, agar kedepan ada pemain basket nasional dari Bumi Pariri Lema Bariri atau setidaknya, minat masyarakat dan pelajar untuk bermain bola basket lebih meningkat. (kimt)

Don`t copy text!