Anjing Asal Jember Gagal Nyebrang Ke Sumbawa

KOBARKSB.com

News & Artikel Terkini

Anjing-Asal-Jember-Gagal-Nyebrang-Ke-Sumbawa-Anjing-Pomeranian

Anjing Asal Jember Gagal Nyebrang Ke Sumbawa

Banyuwangi, KOBARKSB.com – Seekor anjing jenis pomeranian milik seorang warga Jember, Jawa Timur, dilaporkan gagal diseberangkan ke Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB). Anjing kecil yang diangkut menggunakan truk ini dicegat pejabat Karantina Pertanian Surabaya yang bertugas di Pelabuhan Tanjung Wangi, Banyuwangi, Jawa Timur.

Anjing Pomeranian

“Pulau Sumbawa adalah daerah wabah rabies, sehingga dilarang pemasukan dan pengeluarannya. Hal ini sesuai dengan Keputusan Menteri Pertanian RI Nomor 223 Tahun 2019, tentang Pernyataan Status Situasi Wabah Penyakit Hewan Rabies di Pulau Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat,” jelas Drajat, Pejabat Karantina Pertanian Banyuwangi, Jum’at, (25/2).

Apalagi anjing, terang Drajat, merupakan salah satu hewan penular rabies (HPR). Penyakit ini bersifat zoonosis yang dapat menular ke manusia. Penyebabnya berasal dari virus yang ditularkan melalui gigitan dan bisa mematikan.

Pejabat Karantina Pertanian Banyuwangi

“Pak Arianto, seorang warga Jember, bermaksud membawa anjing pomeranian tersebut, untuk diberikan kepada anaknya yang berada di Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Karena Pulau Sumbawa adalah daerah wabah rabies, sehingga dilarang pemasukan dan pengeluarannya. Sebagai pemilik, Pak Arianto sangat kooperatif dan bersedia membawa pulang kembali anjingnya ke Jember,” tutup Pejabat Karantina Pertanian Banyuwangi. (knda)

About Post Author

Don`t copy text!