fbpx
Sekda KSB: Aparatur Mesti Manfaatkan E-Mail

Sekda KSB: Aparatur Mesti Manfaatkan E-Mail

Taliwang – Sekretaris Daerah Kabupaten Sumbawa Barat, Ir W Musyafirin MM, meminta kepada seluruh jajaran Pemerintah Daerah untuk mengefektifkan komunikasi lewat e-mail, pada apel pagi, Selasa (27/03), di halaman Graha Fitrah, Kantor Bupati Sumbawa Barat.

“Semua Kepala SKPD maupun perangkat kerja yang berada di bawahnya, selain dengan pola komunikasi yang dibangun selama ini, bentuk komunikasi lewat e-mail juga perlu diintensifkan. Ini perlu dilakukan jika pada satu waktu, kepala SKPD tidak berada di tempat, maka koordinasi, konsultasi antara pimpinan dengan staff dapat dilakukan melalui e-mail. Begitu juga Kepala SKPD dengan Bupati, agar dapat menyampaikan segala bentuk kegiatan baik yang telah dilaksanakan, maupun yang akan dilaksanakan melalui e-mail,” tegas Sekda.

“Komunikasi ini sangat efektif dalam rangka membangun sinergisitas dalam kinerja seluruh aparatur. Selain koordinasi, konsultasi, dan komunikasi lainnya. Setiap Kepala SKPD dapat juga menyampaikan Term Of Reference (TOR) kegiatan tahunan, telaahan staff dan bentuk kajian lainnya melalui e-mail,” tukas Musyafirin.

Menurut Sekda, dengan semakin tingginya tuntutan peran pemerintah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, maka secara otomatis para Abdi Negara ini dituntut untuk dapat meningkatkan kinerja guna memberikan pelayanan kepada masyarakat. Salah satunya adalah membangun komunikasi yang efektif dan efisiensi antar berbagai stakeholder pembangunan.

“Insya Allah, dengan e-mail, pola komunikasi yang efektif dan efisien dapat kita lakukan” ujar Firin, panggilan akrab Sekda KSB.

Untuk diketahui, e-mail adalah surat elektronik atau pos elektronik  (bahasa Inggris: email), merupakan sarana kirim mengirim surat melalui jalur jaringan komputer (Internet, red). Dengan surat biasa umumnya pengirim perlu membayar per pengiriman (dengan membeli perangko), tetapi surat elektronik umumnya biaya yang dikeluarkan adalah biaya untuk membayar sambungan Internet. Surat elektronik sudah bisa dinikmati oleh khalayak umum. Sekarang ini banyak perusahaan pos di berbagai negara menurun penghasilannya disebabkan masyarakat sudah tidak memakai jasa pos lagi.

Senada dengan Sekda, Kabag Humas PDE Setda KSB, Yahya Soud S.Pd M.M, menjelaskan bahwa, himbauan untuk menggunakan e-mail dalam membangun komunikasi dengan Pimpinan Daerah, sebenarnya sudah sejak tahun 2008.

“Cuma mungkin saat itu masih perlu ada penyesuaian, baik keberadaan perangkat,  fasilitas, maupun mekanisme operasional dari pola komunikasi yang akan dilakukan. Insya Allah di tahun 2012 ini Bagian Humas PDE akan mencoba mengakomodir model komunikasi tersebut melalui perangkat Website KSB,” kata Yahya, sembari tersenyum.

“Fasilitas yang ada sekarang sangat praktis untuk bisa melakukan komunikasi melalui Internet setiap saat. Yang jelas harapan Pemerintah Daerah, dengan digalakkan kembali pemanfaatan e-mail ini, akan sangat membantu pemerintah daerah dalam upaya memberikan pelayanan kepada masyarakat.” pungkas Kabag. Humas. [rm]

Don`t copy text!