Halangi Tugas Pers, PWI Ancam Lapor Komisioner KPU KSB Ke DKPP RI

Menu

Mode Gelap

BUZZ · 29 Feb 2024

Halangi Tugas Pers, PWI Ancam Lapor Komisioner KPU KSB Ke DKPP RI


Halangi Tugas Pers, PWI Ancam Lapor Komisioner KPU KSB Ke DKPP RI Perbesar

Taliwang, KOBARKSB.com – Persatuan Wartawan Indonesia Kabupaten Sumbawa Barat (PWI KSB), ancam akan lapor komisioner KPU setempat ke DKPP atas tindakan mereka yang diduga mengarah kepada upaya untuk menghalangi tugas pers dalam serangkaian rekapitulasi hasil Pemilu tingkat Kabupaten di Sumbawa Barat. 

“Ini preseden buruk, sepertinya KPU tidak tahu tugas pers dan tidak tahu azas dalam pelaksanaan Pemilu,” ujar ketua PWI KSB, Hairil W Zakariah, didampingi Ketua Bidang Advokasi Wartawan, PWI KSB, Unang Silatang, Kamis, (29/2).

Menurut Hairil, tindakan yang dilakukan KPU dengan membatasi wartawan yang boleh meliput adalah tindakan yang sangat serius. 

Karena itu Ia mendesak, KPU KSB untuk meminta maaf atas tindakan tersebut dan berjanji untuk lebih terbuka dalam melaksanakan tugas. Terutama dalam tugas yang menyangkut kepentingan publik secara langsung. 

Sementara Ketua Bidang Advokasi PWI KSB, Unang Silatang, mengingatkan, dalam pedoman sebagai penyelenggara, bukan hanya terbatas pada undang-undang Pemilu yang menjadi rujukan, tapi undang-undang lainnya juga perlu diperhatikan, termasuk undang-undang pers dan undang-undang keterbukaan informasi publik. 

Ia mengurai, dalam tindakan tersebut, komisioner KPU KSB yang belum lama ini terpilih bisa dikenakan sanksi etik. Seperti yang disebutkan dalam undang-undang pers nomor 40 tahun 1999 tentang pers, khususnya pada pasal 18 yang menyebutkan setiap orang yang secara melawan hukum dengan sengaja melakukan tindakan yang berakibat menghambat menghalangi tugas pers dikenakan sanksi pidana dua tahun atau denda paling banyak Rp 500 juta. 

“Kami memahami bahwa para komisioner KPU KSB yang sekarang bertugas baru dilantik. Tetapi mereka adalah orang lama dan masing-masing kami kira paham tentang tugas dan cara berhadapan dengan pers. Jadi kami PWI, sekali lagi sangat menyayangkan tindakan tersebut,” tandas Unang. 

Seperti diberitakan, KPU KSB membatasi jumlah wartawan yang boleh meliput kegiatan rekapitulasi perolehan suara pemilu tingkat kabupaten yang dilaksanakan di Hanipati Resto, Kamis, (29/2). Petugas yang berjaga di pintu masuk lokasi menghalangi sejumlah wartawan yang ingin masuk dan melakukan peliputan. Hal ini memicu aksi protes dari sejumlah wartawan yang hadir di lokasi tersebut. (krij)

About The Author

Trending di KOBARKSB.com


Eksplorasi konten lain dari KOBARKSB.com

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

Artikel ini telah dibaca 167 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

Amman Mineral Buka 13 Lowongan Kerja Terbaru di Tambang Batu Hijau Sumbawa Barat

11 April 2024 - 09:13

Amman Mineral Buka 13 Lowongan Kerja Terbaru di Tambang Batu Hijau Sumbawa Barat - Tambang Batu Hijau PT Amman Mineral Internasional Tbk (AMMAN)

PUPR KSB Dituding Tak Peduli Keselamatan Pengendara, Material Bekas Proyek Dibiarkan Berserakan

3 April 2024 - 20:31

PUPR KSB Dituding Tak Peduli Keselamatan Pengendara, Material Bekas Proyek Dibiarkan Berserakan - Proyek Jalan Hotmix PUPR Kabupaten Sumbawa Barat

AMMAN dan Pemda KSB Bersinergi Wujudkan Pengelolaan Sampah Berkelanjutan di Sumbawa Barat

2 April 2024 - 19:58

AMMAN dan Pemda KSB Bersinergi Wujudkan Pengelolaan Sampah Berkelanjutan di Sumbawa Barat - Program Pengelolaan Sampah Sekolah PT Amman Mineral Nusa Tenggara

Kualitas Tak Kalah Saing, Universitas Cordova Berperan Aktif Meningkatkan SDM KSB

2 April 2024 - 03:56

Kualitas Tak Kalah Saing, Universitas Cordova Berperan Aktif Meningkatkan SDM KSB - Zulkifli Muhadli - Rektor Universitas Cordova

Proyek Jaringan Irigasi Jereweh – Tiu Suntuk Dimulai, KSB Siap Menuju Lumbung Pangan dan Kawasan Industri

27 Maret 2024 - 01:06

Proyek Jaringan Irigasi Jereweh - Tiu Suntuk Dimulai, KSB Siap Menuju Lumbung Pangan dan Kawasan Industri - Proyek Bendungan Tiu Suntuk Sumbawa Barat

Amman Mineral Buka Lowongan Kerja Tenaga IT, Mekanik, dan Elektrik Untuk Tambang Emas Sumbawa Barat

24 Maret 2024 - 21:17

Amman Mineral Buka Lowongan Kerja Tenaga IT, Mekanik, dan Elektrik Untuk Tambang Emas Sumbawa Barat - PT Amman Mineral Nusa Tenggara (AMNT)
Trending di LOWONGAN KERJA
Don`t copy text!