fbpx Wukuf di Arafah Hari Jum’at Tanda Haji Akbar
Wukuf di Arafah Hari Jum’at Tanda Haji Akbar - Wukuf di Padang Arafah Puncak Prosesi Haji 2022

Wukuf di Arafah Hari Jum’at Tanda Haji Akbar

Mekkah, KOBARKSB.com – Jemaah haji hari ini, Jumat, 8 Juli 2022, atau 9 Dzulhijjah 1443 Hijriah, melakukan wukuf di Arafah. Mereka bergerak ke Arafah sejak Kamis 7 Juli 2022 atau 8 Dzulhijjah 1443 H, mulai pukul 07-17 Waktu Arab Saudi. Wukuf di Padang Arafah ini menjadi puncak ibadah selama prosesi haji.

Kumandang talbiyah mengalun ketika jamaah berangkat dari hotel di Makkah hingga tiba di Arafah. Di Arafah, para jemaah menempati tenda masing-masing dan bermalam di sana. Wukuf dimulai dengan khutbah wukuf, lalu dilanjutkan sholat dzuhur dan ashar dijamak dan diqasar.

Konsultan Pembimbing Ibadah Daker Makkah, Aswadi Suhada, mengatakan, ketika jamaah bermalam di Arafah, jamaah sebaiknya memperbanyak zikir, membaca Alquran, istighosah, manaqib atau silaturahmi.

Kemudian ketika ketika masuk tanggal 9 Zulhijah sekitar pukul jam 11 waktu setempat, jemaah bersiap-siap mengambil wudhu karena ada prosesi wukuf di Arafah. Wukuf dimulai adzan kemudian dilanjutkan khutbah wukuf, lalu shalat jamak taqdim zuhur ashar di jamak qashar dengan masing masing 2 rakaat. Jamaah pun disarankan berdoa, bisa dilakukan berjamaah dan yang lainnya mengamini.

“Ini disarankan zikir karena di Arafah ini adalah waktu mustajab, apalagi nanti wukuf di Arafah ini bertepatan dengan hari Jumat,” kata Aswadi.

Hari Jumat, kata Aswadi, adalah Sayyidul Ayyam, pemimpin hari. Ibadah haji di Arafah saat hari Jumat pun kerap disebut sebagai Haji Akbar.

“Arafah itu juga puncak ibadah haji, inti dari ibadah haji ya di Arafah itu. Karena dia membentuk kepribadian yang sadar diri dengan apa itu kesadaran yang mengakui akan tanda kebesaran Tuhan. Jadi sepertinya kebulatan tekad untuk senantiasa menjalankan kebaikan dan meninggalkan segala yang ditinggalkan dan yang tidak kalah pentingnya adalah melestarikan nilai-nilai kebaikan itu,” terang Aswadi.

Setelah itu, jemaah lalu didorong ke Muzdalifah dan bermalam untuk mengambil batu minimal 49 untuk nafar awal dan 70 untuk nafar tsani. Jemaah lalu diberangkatkan secara bertahap ke Mina untuk menginap atau mabit, jadwalnya disesuaikan jadwal Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH).

Lalu pada 10 Dzulhijjah atau 9 Juli, jemaah istirahat di Mina dan berangkat ke jamarat untuk lempar jumrah aqobah, jadwalnya sesuai yang diberikan oleh PPIH. Setelah itu tahalul dan kembali ke tenda.

Pada 11 Dzulhijjah atau 10 Juli, jemaah ke jamarat lagi untuk melontar jumrah, yaitu; ula, wustha, aqobah, masing-masing 7 batu kerikil. Pada 12 Dzulhijah atau 11 Juli, jemaah ke jamarat lagi untuk melontar jumrah, yaitu; ula, wustha, aqobah, masing-masing 7 batu kerikil.

Jamaah nafar awal bersiap kembali ke Makkah sebelum matahari terbenam. Sedangkan bagi jemaah nafar tsani, menginap 1 malam lagi di Mina. Kemudian pada 13 Juli atau 12 Zulhijah, jamaah nafar tsani ke jamarat untuk lempar jumrah dan kembali ke Makkah.

Jadwal lempar jumrah, untuk 50 persen jemaah pertama antara 00 hingga jam 6 pagi, lalu 50 persen berikutnya lagi mulai sore 16-sampai pukul 22 Waktu Arab Saudi. (kdnt)

TRENDING NEWS:

  • 67
    Semarakkan 10 Hari Bulan Dzulhijjah Seperti 10 Hari Bulan RamadhanOleh: Ilham Ibrahim Kita selalu senang dengan sepuluh hari terakhir di bulan Ramadhan. Mengaji Al Quran semakin giat mengejar target khatam 30 juz. Kita juga senang melihat betapa mudahnya beberapa ayat dari juz terakhir meluncur dari lidah kita. Masjid juga biasanya memiliki kejutan yang menyenangkan: para pengurus menyiapkan menu berbuka…
    Tags: hari, yang, dzulhijjah, dan, dengan, ini, untuk, sumbawa, berita, kabar
  • 67
    Kapan Hari Raya Idul Adha dan Kapan Menyembelih Hewan Kurban? Ini Kata MuhammadiyahYogyakarta, KOBARKSB.com - Muhammadiyah menetapkan hari raya Idul Adha akan dilaksanakan pada Sabtu 9 Juli 2022. Sementara itu, Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Agama (Kemenag) telah menetapkan, bahwa hari raya Idul Adha 1443 H jatuh pada Ahad 10 Juli 2022. Akibat adanya perbedaan tanggal ini, muncul ragam pertanyaan dari masyarakat, salah…
    Tags: dan, yang, ini, dengan, itu, hari, shalat, di, pada, untuk
  • 64
    Anjing Gila Kembali Teror Warga Sumbawa BaratTaliwang, KOBARKSB.com - Setelah sekian lama sepi dari kasus gigitan Hewan Penular Rabies (HPR). Warga Sumbawa Barat kembali dikejutkan oleh kasus gigitan anjing liar terduga rabies yang terjadi pada beberapa lokasi di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB). "Benar, telah terjadi korban gigitan anjing liar bernama ibu Maryana, 52 tahun, warga Dusun…
    Tags: di, barat, sumbawa, yang, pada, ksb, desa, dan, berita, kabar
  • 63
    Polres KSB Bersiaga Kawal Arus Balik Mudik Lebaran di Pelabuhan Poto TanoPoto Tano, KOBARKSB.com - Sejak H+4 lebaran, personil Polres Sumbawa Barat (Polres KSB) dilaporkan telah mulai bersiaga dan meningkatkan pengamanan di Pelabuhan Penyeberangan Ferry Poto Tano, Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), dalam rangka mengantisipasi lonjakan arus balik mudik lebaran 2022. "Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Sumbawa Barat membagikan masker, leaflet sekaligus…
    Tags: dan, di, polres, ksb, lebaran, sumbawa, barat, dengan, lalu, pada
  • 63
    Angin Kencang dan Pohon Tumbang Terjadi di Taliwang, Pengguna Jalan Diminta Hati-hatiTaliwang, KOBARKSB.com - Selama 2 hari terakhir, hujan lebat disertai angin kencang dan petir dilaporkan terjadi di wilayah Taliwang, Sumbawa Barat. Akibatnya, salah satu pohon besar di jalan utama lintas Taliwang-Sumbawa tumbang dan menutupi seluruh bahu jalan. "Telah terjadi pohon tumbang yang menutupi ruas jalan utama lintas Taliwang-Sumbawa, Sabtu, (7/5),…
    Tags: dan, taliwang, di, sumbawa, barat, ksb, berita, kabar, ntb, online
  • 62
    Kades Maluk Bagi BLT Dana Desa Rp 600 Ribu Kepada 128 KKMaluk, KOBARKSB.com - Pemerintah Desa Maluk, Kecamatan Maluk, Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), dilaporkan telah menyerahkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa sebesar Rp 600.000 kepada 128 KK. “Warga yang mendapatkan BLT Dana Desa hari ini sebanyak 128 KK, dengan nominal uang yang diberikan sebesar Rp 600.000 untuk jatah 2 bulan,"…
    Tags: desa, yang, dana, ini, dengan, untuk, covid, di, vaksinasi, dan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Polisi Bekuk Komplotan Pengedar Narkoba di Sumbawa Barat, 11,98 Gram Sabu Berhasil Diamankan - Tim Satres Narkoba Polres KSB di Desa Tepas, Brang Rea, KSB Previous post Polisi Bekuk Komplotan Pengedar Narkoba di Sumbawa Barat, 11,98 Gram Sabu Berhasil Diamankan
Suhu Dingin Ekstrem Melanda NTB, Ini Penjelasan BMKG - Suhu Dingin di NTB Next post Suhu Dingin Ekstrem Melanda NTB, Ini Penjelasan BMKG
Close
Don`t copy text!