Pesal Jadi Kuliner Wajib Saat Buka Puasa Ramadan di Sumbawa Barat

KOBARKSB.com

News & Artikel Terkini

Pesal-Jadi-Kuliner-Wajib-Saat-Buka-Puasa-Ramadan-di-Sumbawa-Barat-Pesal-Taliwang-Kuliner-Sumbawa-Barat

Pesal Jadi Kuliner Wajib Saat Buka Puasa Ramadan di Sumbawa Barat

Taliwang, KOBARKSB.com – Sudah menjadi kelaziman turun temurun di Sumbawa Barat, bahwa setiap bulan ramadan, ada satu menu kuliner wajib yang mesti dihidangkan saat berbuka puasa di setiap rumah tangga, yaitu, pesal. Atau kalau di Pulau Sumbawa bagian timur dikenal dengan sebutan sepat.

Pesal

“Tidak afdol rasanya mas, kalau tidak ada pesal saat kita berbuka puasa. Maklum kuliner ini sudah menjadi sesuatu yang turun temurun dihidangkan oleh orang tua kami saat berbuka,” tutur Mahmud, Warga Taliwang, kepada awak media ini, Rabu, (13/4), saat berbuka puasa bersama di rumahnya.

Oleh karena itu, dirinya bersama keluarga meneruskan tradisi leluhurnya setiap bulan ramadan.

Bahan Pesal (Daru Pesal)

“Sebenarnya kuliner ini paling mudah dibuat. Mungkin karena itu kuliner ini menjadi menu wajib di tempat kami saat berbuka puasa ramadan,” tukas Mahmud.

Menyambung keterangan Mahmud, Aminah, Istri Mahmud, menjelaskan cara atau resep membuat pesal.

Bahan Pesal (Daru Pesal)

“Bahannya; Setengah sendok garam, 6 buah cabe rawit, 3 biji bawang merah dibakar, kemiri, asam muda, terasi bakar, dan 1 buah tomat dibakar. Semuanya diulek bersamaan. Baru kemudian diperas sepotong jeruk munte dan ditambah ruku sedikit,” terang Aminah.

Selanjutnya, tambah Aminah, disiapkan 1 buah terung panjang yang telah dibakar dan juga sepotong ikan bakar atau udang bakar sebagai pelengkap.

Ikan Bakar, Bahan Pesal (Daru Pesal)

“Bakar terung di atas bara api hingga matang. Kupas kulitnya, ambil dagingnya. Sisihkan. Campur rata terung bakar, daun ruku, belimbing, dan bumbu halus. Tuang air panas dan garam, aduk rata. Campur daging ikan atau udang dengan bumbu tadi. lalu disajikan hangat. Biar lebih komplit, dihidangkan juga dengan kerupuk kulit,” tutup Aminah, sambil tersenyum. (kdon)

About Post Author

Don`t copy text!