fbpx
Peran Orang Tua Dalam Mengembangkan Pendidikan Anak di Masa Pandemi Covid-19

Peran Orang Tua Dalam Mengembangkan Pendidikan Anak di Masa Pandemi Covid-19

Oleh: Suryanti

Pendidikan merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam suatu Negara. Bahkan dengan pendidikan, kita dapat melihat kualitas suatu Negara, apakah Negara tersebut maju ataupun berkembang. Pendidikan dijadikan sebagai salah satu tolak ukur dalam menilai kualitas suatu Negara, karena apabila pendidikan suatu Negara baik dan maju maka Negara tersebut juga maju dan begitupun sebaliknya. Selain bermanfaat bagi Negara, pendidikan juga sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia (individu). Dengan pendidikan, seseorang memiliki ilmu pengetahuan, dapat menaikkan derajat keluarga dan dirinya, dapat mengembangkan bakat dan minat serta kemampuannya, menjadi pribadi yang lebih baik lagi dan masih banyak lagi.

Pada zaman sekarang ini, pendidikan semakin hari semakin terkikis karena maraknya hal-hal yang menguras waktu masyarakat khususnya generasi muda, misalnya nongkrong yang tidak bermanfaat dan games online. Hal ini tidak bisa dihindari karena meningkatnya teknologi (zaman globalisasi). Bahkan berdampak pula pada pendidikan akhlak anak, misalnya ketika orang tua memanggil dan menyuruh untuk melakukan sesuatu, sering kali si anak tidak mau melakukannya karena sedang asyik bermain. Pendidikan akhlak sangat diperlukan dalam sosialisasi dan berinteraksi dengan masyarakat, bagaimana cara kita berperilaku dan bersikap.

Suryanti Mahasiswi UIN Mataram 1
Suryanti

Terlebih lagi sekarang ini, dunia khususnya di Indonesia sedang dilanda virus menular yaitu covid-19 yang mengakibatkan masyarakat tidak diperbolehkan berkumpul atau menjaga jarak. Hal ini berdampak pula pada lembaga pendidikan (sekolah) yang mengharuskan siswanya untuk melakukan pembelajaran di rumah. Dengan kata lain, siswa mendapatkan pembelajaran melalui online atau virtual dan kemungkinan pembelajaran yang didapatkan kurang maksimal termasuk pembelajaran budi pekerti (akhlak).

Sehingga, karena pembelajaran dilakukan di rumah, orang tua memiliki peran yang sangat penting dalam bimbingan pembelajaran khususnya pendidikan akhlak anak.

Adapun peran orang tua dalam mengembangkan pendidikan akhlak anak, antara lain:

1. Mengajari sopan santun kepada anak dalam bertingkah laku di tengah masyarakat khususnya kepada orang tua.

2. Membiasakan anak berkata baik, jujur, dan sopan dalam masyarakat.

3. Dapat menjadi contoh atau teladan bagi anak dalam berinteraksi dengan masyarakat dan orang tua.

4. Mengawasi dan memperhatikan setiap gerak-gerik anak dalam berinteraksi atau pergaulan.

5. Melindungi dan membatasi pergaulan anak agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Jadi, sebagai orang tua, kita harus berperan aktif dalam mempertahankan dan meningkatkan pendidikan anak khususnya pendidikan akhlak. Terlebih lagi, pembelajaran yang seharusnya di sekolah sekarang dilakukan di rumah. Dengan kata lain, orang tua sebagai guru dalam membimbing pembelajaran anak.

– Penulis adalah Mahasiswi Program Study Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Universitas Islam Negeri (UIN), Mataram.

Don`t copy text!