Sumbawa Barat Kaya Potensi Mineral

Sumbawa Barat Kaya Potensi Mineral

Taliwang, KOBAR – Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Sumbawa Barat menjadi instansi yang paling subur dalam memberikan kontribusi pada daerah melalui peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Kendati demikian, Dinas ini mengakui bahwa potensi pertambangan justru belum terkelola dengan baik.

Kepala Bidang Pertambangan Umum pada Dinas ESDM, Idham Khalid ST, mengatakan, potensi yang terkandung, khususnya pertambangan belum terkelola dengan maksimal. Pasalnya, investor yang mengolah pertambangan belum banyak. Sebut saja PT Indotan, PT SBSB, hingga UD Pinayungan yang masih eksis, termasuk beberapa perusahaan lainnya. Ini sekaligus menjadi tolak ukur, bahwa potensi yang ada belum mampu dibaca oleh investor tambang.

“KSB memiliki potensi mineral logam, bukan logam dan juga batuan. Semua potensi tersebut belum mampu dioptimalkan apalagi untuk meningkatkan PAD,” terangnya.

Ia menyebutkan, potensi tersebut tersebar di beberapa titik. Jenis Batu Mangan, banyak ditemukan di wilayah Kecamatan Jereweh dengan grade 40an. Galena di kawasan Desa Lamunga. Emas Perak dan Tembaga hampir di seluruh wilayah, ada dengan grade yang cukup tinggi dan potensi besi berada di Desa Tebo Kecamatan Seteluk dengan grade 30an.

“Jika potensi tersebut terkelola dengan baik, maka diprediksi pendapatan asli daerah bisa semakin meningkat. Ditambah lagi dengan multi player effect yang akan menyedot puluhan bahkan ratusan tenaga kerja putra daerah,” tambahnya.

Idham tidak menyangkal, pemerintah telah menempuh berbagai upaya untuk memperkenalkan potensi tersebut terutama kepada beberapa jaringan investor yang bergerak di bidang pertambangan. Namun, hasilnya banyak yang datang dan banyak juga yang pergi.

“Meskipun hal itu terjadi, pemerintah berkomitmen akan terus mempromosikan potensi tersebut agar kekayaan yang terkandung di perut bumi KSB, bisa memberikan manfaat bagi daerah dan juga masyarakat. Percuma ada, jika tidak bisa dimanfaatkan untuk kesejahteraan,” pungkasnya. (kjon)

Don`t copy text!